News

Minggu, 15 Maret 2020 - 12:12 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Mgr. Siprianus Hormat (Ist)

Mgr. Siprianus Hormat (Ist)

Uskup Siprianus Akan Ditahbiskan Oleh Kardinal Ignatius

Floreseditorial.com, Ruteng – Perayaan pentabisan Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, tinggal beberapa hari lagi. Panitia pentabisan Uskup baru mempersiapkan beberapa rangkaian acara.

“Panitia sudah siap menyukseskan pekan puncak perayaan tabisan Uskup Ruteng,” ujar Ketua Umum Panitia Tahbisan uskup Ruteng Rm. Alfons Segar, Pr pada saat jumpa pers.

Menurutnya, pekan puncak pentabisan Uskup Siprianus Hormat akan diisi dengan dua jenis kegiatan.

Pertama, perayaan Liturgi (Rohani) ada tiga kegiatan utama dalam acara liturgis diantaranya Vesper agung dan pemberkatan perlengkapan Liturgi Uskup yang akan dilaksanakan pada hari Rabu (18/3/2020) tepatnya pukul 18:00 wita di Gereja St. Yosep.

“Setelah pemberkatan alat perlengkapan Liturgi Uskup, selanjutnya Perayaan Pentabisan Uskup Ruteng (acara puncak) pada hari Kamis (19/3/2020) di Gereja Katedral Ruteng. Misa perayaan pentabisan Uskup Siprianus Hormat akan dipimpin langsung oleh Uskup Agung Jakarta Ignasius Kardinal Suharyo dan didampingi oleh Uskup Agung Ende Mgr. Vincentius Sensi Potakota, Uskup Denpasar ( Administrator) Keuskupan Ruteng Mgr. Silvester San, dengan pengkotbah Uskup Bandung Mgr. Antonius Subianto Budjamin,” jelasnya.

Dalam perayaan pentabisan ini, katanya lebih lanjut, Mgr. Silvester San, Nuntius, Ketua KWI, Gubernur NTT, Menkominfo RI Jhony Plate dan Mgr. Siprianus Hormat akan memberi sambutan.

“Perayaan misa pontifikal pada hari Sabtu 21 Maret 2020 di Gereja Katedral Ruteng. Misa perayaan pontifikal ini akan dipimpin langsung oleh Mgr. Siprianus Hormat. Setelah perayaan ini Mgr. Silvester San, Bupati Manggarai dan Mgr. Siprianus Hormat akan memberikan sambutannya,” tandasnya.

Sementara kegiatan non liturgis, ada beberapa acara yang akan dilaksanakan dalam pekan puncak perayaan pentabisan Uskup Ruteng Siprianus Hormat.

“Panitia pentabisan juga melaksanakan pameran di halaman Gereja Katedral, Minggu 15-19 Maret 2020.
Kegiatan akan dibuka resmi pada pukul 17: 00 wita. Kegiatan lainya launching buku kenangan pentabisan, Rabu (18/3/2020) pukul 20:00 di Aula Asumpta,” ungkapnya.

Sementara sekretaris Umum Panitia Tahbisan uskup Ruteng RD. Agust Manfet Habur menjelaskan bahwa acara jamuan makan malam bersma pemerintah kabupaten Manggarai bersama Nutius, Kardinal dan para Uskup tamu Gereja akan dilaksanakan di rumah jabatan Bupati Manggarai pada Kamis (19/3/2020).

“Pemimpin keUskupan Ruteng Siprianus Hormat akan menggelar musik suka cita bersama masyarakat yang dihadiri oleh musisi Nasional asal Manggarai Ivan Nestroman di area pameran halaman parkir Gereja Katedral Ruteng, Kamis (19/3/2020),” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa panitia pentabisan juga menyiapkan tim medis untuk pelayanan dan pendampingan bagi para tamu yang hadir pada saat pentabisan Uskup Siprianus Hormat.

“Tim medis yang sudah siap akan dibagi lima titik pelayanan, diantaranya ada komunitas Biara Lambung Kudus, Puspas keuskupan Ruteng Hotel Revayah Hotel Spring Hill, dan area Gereja Katedral Ruteng yang bekerja selama 24 jam,” tutup RD. Agust Manfet Habur.

Laporan: Adrian Juru

Artikel ini telah dibaca 114 kali

Baca Lainnya
x