News

Minggu, 9 Februari 2020 - 11:21 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Pose bersama wartawan yang tergabung dalam aliansi jurnalis online kabupaten Manggarai Timur bersama peserta Konservasi di Halaman sekolah SMPN VI  Kota Komba, kabupaten Manggarai Timur (Ist)

Pose bersama wartawan yang tergabung dalam aliansi jurnalis online kabupaten Manggarai Timur bersama peserta Konservasi di Halaman sekolah SMPN VI Kota Komba, kabupaten Manggarai Timur (Ist)

Wartawan Manggarai Timur Berbakti Untuk Alam pada Hari Pers Nasional 2020

Floreseditorial.com, Borong – Para awak media yang tergabung dalam wadah Aliansi Jurnalis Online (AJO), Manggarai Timur , NTT, merayakan Hari Pers Nasional (HPN) dengan aksi mulia penanaman bibit pohon tanaman.

Menggunakan area lahan hutan di Desa Ruan, kecamatan Kota Komba, mereka sengaja meninggalkan sejenak rutinitas sebagai kuli tinta di lapangan, untuk menanam.

Khusus kegiatan ini, puluhan wartawan dari berbagai media lokal dan nasional tersebut, mendedikasikan waktunya untuk memperingati hari jadi profesi wartawan yang jatuh pada 9 Februari setiap tahunnya.

Kegiatan Konservasi dengan Tema Because Conservation Needs An Action ini berupa penanaman 650 anakan pohon Sengon dan Meni di lingkungan SMPN 6 Kota Komba, juga di seputaran kantor desa Ruan.

AJO sendiri merupakan gabungan dari beberapa media yakni Tagar, VoxNtt, Floreseditorial, Seputarntt, Posflores, Ranakanews, Indonesiakoran, Sorotntt dan Beritaflores.

Saat tiba di SMPN 6 Kota Komba, rombongan Wartawan AJO dan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Manggarai Timur (DLHD Matim) juga rombongan Humas Protokol diterima secara adat oleh masyarakat desa Ruan uang sudah berkumpul di SMPN 6 Kota Komba.

Ketua AJO Matim yang diwakili Yos Syukur mengucapkan terimakasih kepada DLHD yang sudah bersedia dan bekerjasama untuk merawat lingkungan di Matim.

“Akhir-akhir ini melalui media masa kita menemukan banyak persoalan lingkungan hidup kebakaran, banjir. Sehingga kami dari AJO mengajak kita semua untuk berani menanam,” katanya kontributor Tagar.id wilayah NTT Itu.

Sementara itu kepala SMPN 6 Kota Komba menjelaskan pihaknya sangat merespon kegiatan yang dilakukan oleh AJO Matim.

Dia menjelaskan kegiatan penanaman pohon itu juga merupakan dukungan kepada sekolah, melalui salah satu budaya yang ditanamkan kepada siswa yakni kerindangan.

Sementara itu kepala Dinas (Kadis) DLHD Donatus Datur mengucapkan terimakasi kepada AJO Matim yang sudah mengupayakan konservasi di desa Ruan.

Untuk Matim kata dia, hampir setiap tahun dilakukan upaya penanaman pohon di seputaran aliaran sungai.

Dikatakannya DLHD senantiasa memberikan semua pembibitan dalam upaya penghijauan di Kabupaten Manggarai Timur.

“Peduli terhadap penghijauan menjadi tanggung jawab bersama, bukan saja DLHD melainkan semua komponen Masyarakat,”ujar Don.

Don berharap dengan kegiatan Konservasi yang digalakkan oleh para wartawan media online di kabupaten Manggarai Timur dapat menumbuhkan semangat dan kepedulian dalam mencintai Lingkungan untuk semua generasi yang ada di Kabupaten Manggarai Timur.

Terpantau media ini, turut hadir bagian humas Protokol kabupaten Manggarai Timur, Aparat desa Ruan kecamatan Kota Komba dan masyarakat setempat yang turut bersama menyukseskan misi konservasi di Hari Pers Nasional di kabupaten Manggarai Timur.

Loporan : Yopie Moon

Artikel ini telah dibaca 1137 kali

Baca Lainnya
x