Opini

Minggu, 18 Agustus 2019 - 23:31 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Foto bersama usai pagelaran busana (fashion show) busana adat Manggarai pada Festival Budaya Manggarai, Anjungan NTT, TMII, Jakarta

Foto bersama usai pagelaran busana (fashion show) busana adat Manggarai pada Festival Budaya Manggarai, Anjungan NTT, TMII, Jakarta

Terimakasih Komunitas Perempuan Manggarai

Oleh: Muhammad Achyar

No Talk Action Only

Betapa megah dan meriah Festival Budaya Manggarai yang dimotori oleh Komunitas Perempuan Manggarai pada Sabtu, 17 Agustus 2019 kemarin di area Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Pada pagelaran hari pertama kemarin, Kraeng Tu’a Jenderal Gories Mere yang juga merupakan Staf Khusus Presiden Bidang Intelijen & Keamanan berkenan hadir serta berkenan melakukan pukulan kehormatan (Paki Reis) dalam pertunjukkan Tarian Caci yang turut disuguhkan dalam festival budaya tersebut.

Begitu banyak kata dan kalimat pujian yang kita dengar dari para pengunjung yang turut hadir dan menyaksikan pagelaran festival budaya tersebut. Pengunjung begitu antusias, hadir membludak, memadati area Anjungan NTT yang menandakan kesuksesan dan kemegahan acara tersebut.

Kita tentu sangat berharap acara Festival Budaya Manggarai ini tidak hanya berlangsung sekali ini saja, tapi akan menjadi agenda tahunan sebagai wujud eksistensi budaya dan wujud kepedulian kita dalam upaya menjaga kelestarian budaya dan memperkenalkannya kepada masyarakat luas dan mewariskannya kepada anak cucu, generasi penerus kita kelak.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyied Baswedan pun turut hadir pada hari kedua acara festival budaya tersebut dan diterima secara adat Manggarai oleh penyelenggara dan panitia acara.

Hari ini, Minggu 18 Agustus 2019, Festival Budaya Manggarai berlangsung lebih meriah dan merupakan hari terakhir atau puncak acara.

Tak mau kehilangan kesempatan menyaksikan keunikan dan kemegahan acara tersebut, Ase Kae lawa Manggarai diaspora hadir membludak di seantero area Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyied Baswedan pun turut hadir pada hari kedua acara festival budaya tersebut dan diterima secara adat Manggarai oleh penyelenggara dan panitia acara.

Pada kesempatan itu pula, Gubernur DKI, Anies Baswedan, “dibaptis” menjadi orang Manggarai yang ditandai dengan “kapu manuk” serta penyerahan cinderamata berupa kain songke, selendang songke dan topi songke Manggarai yang langsung dipakai dalam acara tersebut oleh gubernur Anies.

Kedatangan Anies bertepatan dengan berlangsungnya pagelaran Tarian Caci, dan moment tersebut tak disia-siakan dan dimanfaatkan oleh penyelenggara acara dengan memberikan kehormatan kepada gubernur DKI Jakarta itu untuk melakukan “Paki Reis” atau Pukulan Kehormatan setelah sebelumnya menyampaikan pidato sambutan.

Sebagai Ata Manggarai diaspora yang tinggal di Jakarta, kita semua tentu sangat bangga dan patut memberikan penghargaan yang tinggi kepada Komunitas Perempuan Manggarai atas kerja keras mereka dalam mempersiapkan dan mewujudkan terselenggaranya acara Festival Budaya Manggarai ini, salute!!! Tak cuma banyak omong, mereka telah berbuat.

Tentu masih banyak kekurangan, karenanya kritik dan saran yang konstruktif sangat diharapkan.

Semoga pada even yang akan datang, acara yang sama akan dapat dilangsungkan lebih meriah dan megah.

Tabe Merdeka!!!

Artikel ini telah dibaca 259 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya