Lima Langkah Cek Kondisi Ban Jika Mudik Dengan Mobil Pribadi

- Rabu, 27 April 2022 | 21:16 WIB
Ilustrasi pengecekan tekanan angin pada ban mobil. (ANTARA/HO-Michelin) (Net)
Ilustrasi pengecekan tekanan angin pada ban mobil. (ANTARA/HO-Michelin) (Net)

Floreseditorial.com - Kesehatan fisik yang prima serta kondisi kendaraan yang optimal perlu diperhatikan sebelum memulai perjalanan mudik, namun penting juga memastikan kondisi ban sebagai satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan dengan permukaan jalan.

Baca Juga: Ini Kelebihan Mobil Metik Yang Wajib Anda Ketahui

Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia Fachrul Rozi mengatakan ban merupakan salah satu komponen penentu dalam keselamatan berkendara dengan berbagai fungsinya, seperti untuk menahan beban, meredam guncangan, serta menjaga stabilitas kendaraan.

"Oleh sebab itu, kondisi ban sangat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara," kata Fachrul melalui keterangan resmi pada Selasa.

Menyambut momen Lebaran 2022, produsen ban asal Perancis Michelin membagikan lima hal yang harus dipersiapkan oleh para pemudik terkait kondisi ban sebelum melakukan perjalanan, dikutip dari siaran resmi pada Selasa.

Baca Juga: Jenis-jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

1. Memperhatikan kembang dan tapak ban

Kembangan alur dan ketebalan tapak ban berfungsi untuk menjaga daya cengkram ban saat melaju di jalan raya, terutama saat melaju pada kondisi jalan basah atau hujan.

Ban dengan alur kembang yang sudah menipis dan mendekati indikator ketebalan (thread wear indicator/TWI) berpotensi menyebabkan kendaraan tergelincir atau aquaplanning saat melaju pada kondisi permukaan jalan yang basah.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil

Selasa, 10 Mei 2022 | 06:00 WIB

Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Over Heat

Kamis, 28 April 2022 | 11:23 WIB

10 Motor Dua Silinder Terbaik dan Termurah 2022

Rabu, 27 April 2022 | 17:03 WIB
X