Hemat Biaya Bensin Saat Mudik, Gunakan Teknik Berkendara Ini

FEC Media
- Jumat, 29 April 2022 | 06:00 WIB
Ilustrasi - Kendaraan pemudik melintas menuju gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa/pri. (Net)
Ilustrasi - Kendaraan pemudik melintas menuju gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa/pri. (Net)

Floreseditorial.com - Teknik berkendara secara eco driving dapat menghemat bahan bakar kendaraan saat berkendara ke kampung halaman.

Tidak hanya itu saja, teknik menggunakan eco driving juga diklaim dapat menyelamatkan para pemilik kendaraan saat bensin kendaraan sudah menipis sedangkan tempat pengisian bensin masih terlihat sangat jauh.

Dikutip dari laman resmi Nissan, Kamis, fitur eco driving merupakan cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien serta berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Baca Juga: Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Over Heat

Selain efisien, penerapan teknik eco driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan dengan mengurangi sumbangan gas CO2 yang selama ini kendaraan bermotor menjadi sumber emisi karbon terbesar nomor 3.

Eco driving merupakan bagian dari tiga aspek keahlian mengemudi yang wajib dikuasai oleh pengemudi.

Dua lainnya antara lain Defensive Driving yang bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, waktu dan uang, serta Safety Driving yang mengutamakan teknik mengemudi aman dan selalu berpikir jauh ke depan terhadap segala kemungkinan yang ada.

Baca Juga: Ini Potensi Bahaya Ambil Listrik Langsung di Kepala Aki

Menariknya, eco driving mengombinasikan teknik mengemudi Safety Driving dengan psikologi Defense Driving.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Cara Tepat Bersihkan Jok Mobil

Selasa, 10 Mei 2022 | 06:00 WIB

Yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Over Heat

Kamis, 28 April 2022 | 11:23 WIB

10 Motor Dua Silinder Terbaik dan Termurah 2022

Rabu, 27 April 2022 | 17:03 WIB
X