• Jumat, 1 Juli 2022

Berikut Persyaratan Ibu Hamil Jika Makan Papeda

- Jumat, 29 April 2022 | 10:04 WIB
Syarat ibu hamil jika makan papeda (Foto: Wikimedia)
Syarat ibu hamil jika makan papeda (Foto: Wikimedia)


Floreseditorial.com - Dokter Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan Konsultan Obstertik Ginekologi Sosial, membolehkan para ibu hamil menyantap hidangan lokal seperti papeda atau bubur sagu seperti yang dikenal masyarakat Papua, dengan memastikan zat gizi lengkap sesuai kebutuhan.

"Kalau ibu di Papua makanannya dengan papeda, tetapi dengan ikan misalnya. Tinggal kita memperkaya, kan tidak ada sayurnya. Ikannya sudah oke, papedanya tidak ada masalah itu karbohidratnya. Tetapi diperkaya dengan tambahan buah, sayur,".

Berbicara asupan gizi, menyarankan ibu hamil tak melupakan protein hewani, misalnya dari salah satu sumber yang relatif mudah didapat seperti telur.

Protein hewani bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) yakni protein kaya zat besi dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga mencegah anemia.

Protein hewani juga membantu peningkatan kadar Hb pada anemia. Konsumsi zat gizi ini pun harus diseimbangkan dengan sayuran dan buah.

"Juga untuk ibu hamil, saya berpesan paling mudah diraih itu telur. Tidak mungkin menaikkan Hb kalau anemia tanpa makan protein. Protein dan sayur harus seimbang, karena penyerapan zat besi membutuhkan vitamin C. Saya yakin pepaya, pisang itu sumber vitamin C,".

Kemudian, bertepatan dengan bulan Ramadhan yang mewajibkan umat Islam berpuasa, maka ibu hamil termasuk diperkenankan berpuasa, namun sebelumnya perlu berkonsultasi dengan dokter, sebagai rem pertama. Bila dokter membolehkan maka ibu bisa berpuasa.

"Rem kedua, di diri ibu sendiri. Kalau dia merasa badannya tidak enak, lemas, silahkan berbuka karena Tuhan memberikan peluang untuk ibu hamil mengganti puasanya, membayar fidiah,".

Saat berbuka puasa, jangan lupakan asupan protein yang cukup. Para ibu hamil boleh berbuka dengan hidangan berbahan kacang hijau atau es kacang merah, bukannya es doger.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah Indikator Dikatakan Anak Siap Sekolah

Sabtu, 14 Mei 2022 | 09:58 WIB
X