Pendidikan

Selasa, 29 Oktober 2019 - 08:47 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Lomba literasi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-91, berlangsung di halaman Sekolah Dasar Masehi (SDM) Bondo Kamodo, Kecamatan Kodi, Kab. Sumba Barat Daya (Foto: Risma Dewi Purwita)

Lomba literasi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-91, berlangsung di halaman Sekolah Dasar Masehi (SDM) Bondo Kamodo, Kecamatan Kodi, Kab. Sumba Barat Daya (Foto: Risma Dewi Purwita)

GGD Kecamatan Kodi Gelar Lomba Literasi Peringati Hari Sumpah Pemuda

Floreseditorial.com, Sumba Barat Daya — Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda setelah dicetuskan dalam Kongres Pemuda II pada tanggal 28 Oktober 1928, silam.

Di dalam isi Sumpah Pemuda terdapat makna yang sangat berarti, yakni ikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: bahasa Indonesia.

Selain itu, bulan oktober dipilih sebagai bulan bahasa dan sastra, karena ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi yang digunakan oleh masyarakat. Tidak heran, setiap bulan oktober lembaga pendidikan formal maupun non-formal dan komunitas literasi lainnya, mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan literasi.

Seperti halnya guru GGD (Guru Garis Depan) di Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Data yang melakukan kegiatan literasi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda (28/10/2019).

Lomba literasi dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-91, berlangsung di halaman Sekolah Dasar Masehi (SDM) Bondo Kamodo, Kecamatan Kodi, Kab. Sumba Barat Daya.

Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Ibu Dra. Yohanna Lingu Lango.

Dalam sambutannya, Ibu Yohanna mengatakan bahwa beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya senang sekali dengan kegiatan literasi seperti ini, karena dapat melatih anak supaya berani tampil di depan umum dan tentunya mengasah minat dan bakat anak. Karena kegiatan ini pertama kali di Kecamatan Kodi, saya harap tidak berhenti sampai di sini.” ungkap kepala dinas PPO tersebut.

Selain Ibu Yohanna, terlihat pengawas TK/SD, Bapak Mikhael Mahemba, juga turut menghadiri kegiatan tersebut. Beliau mendukung dan mengikuti kegiatan ini dari awal sampai penghujung acara.

Lomba literasi yang mengusung tema Ekspresi: Ekspose Prestasi dan Kreativitas Siswa.

Kegiatan ini diikuti oleh 23 sekolah SD dan 7 sekolah SMP. Terdapat tiga perlombaan, yakni cerdas cermat untuk tingkat SD, sedangkan lomba baca puisi dan pidato untuk tingkat SMP.

Selain peserta lomba, anak-anak lain dari beberapa sekolah juga antusias dengan menunjukkan bakatnya. Ada yang menari tarian kreasi, tarian tradisional, baca puisi berantai, dan bernyanyi.

“Bila aspek psikomotorik disalurkan dalam kegiatan O2SN, barangkali kegiatan literasi seperti ini juga dapat melatih aspek-aspek pendidikan lainnya seperti kognitif dan afektif,” demikian kata Aristo Kharisma Basir yang biasa disapa Pak Risto, selaku ketua pelaksana ketika ditanya mengenai kegiatan literasi ini.

Besar kecil suatu kegiatan tidak akan berhasil tanpa persiapan yang matang, kerja sama, dan saling mendukung. Begitu pula dengan kegiatan literasi ini.

“Berkat kerja sama guru-guru, baik guru GGD maupun guru lainnya di Kecamatan Kodi, kepala sekolah, sponsor, dan bahkan dukungan langsung dari Ibu Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Bupati Sumba Barat Daya, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” tambah Pak Risto.

Kemudian kegiatan ini ditutup dengan pengumuman pemenang perlombaan, sekaligus pembagian hadiah.

Juara I cerdas cermat dimenangkan oleh SD Masehi Bondo Kamodo, sedangkan juara II, III, dan IV diraih oleh SD Masehi Tossi, SD Islam Pero, dan SDN Satap Waikarya.

Juara I lomba baca puisi dimenangkan oleh Petro Paula V.R Ana Rato, juara II Petronela Tamo Inya, dan Dedi Jems Bani meraih juara III.

Juara lomba pidato dimenangkan oleh Anastasia Buku, sementara Maria Delviana Kawulongo dan Sariati Mone menempati juara II dan III.

Juara Cerdas Cermat bersama Pengawas TK/SD Kab. Sumba Barat Daya. Sementara juara Lomba Puisi Bersama Kepala Sekolah SDM Bondo Kamodo

Kontributor: Risma Dewi Purwita

Artikel ini telah dibaca 785 kali

Baca Lainnya
x