Pendidikan

Senin, 29 Juli 2019 - 17:07 WIB

2 bulan yang lalu

logo

PAUD Sambi Poleng merupakan salah satu lembaga PAUD yang bernaung di bawah Lembaga Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM) Sambi Poleng sejak tahun 2016 (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

PAUD Sambi Poleng merupakan salah satu lembaga PAUD yang bernaung di bawah Lembaga Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM) Sambi Poleng sejak tahun 2016 (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

PAUD Sambi Poleng Divisitasi Akreditasi Oleh Asesor Ban PAUD Pnf Provinsi NTT

Floreseditorial.com, Ruteng – PAUD Sambi Poleng merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini yang terletak di Desa Sambi, Kecamatan Reok Barat Kabupaten Manggarai-NTT.

PAUD tersebut telah divisitasi akreditasi oleh asesor BAN-PT PNF. Provinsi Nusa Tenggara Timur Sabtu, 27 Juli 2019.

Kedua asesor yang melakukan visitasi PAUD Sambi Poleng adalah Ibu Karolina Ermina, S.Pd dan Ibu Maria Goreti S. Gani, S.Pd.

Berdasarkan pantauan Floreseditorial.com, kedua asesor pun melakukan verifikasi terhadap data yang sudah dikrim oleh Paud Sambi Poleng melalui Sispena 2.0, melakukan wawancara dengan pengelola dan guru serta melakukan observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan di lembaga tersebut.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Sambi, Basilius Panja, mewakili tokoh masyarakat, Petrus Angge, guru SMP, Yosef Budi Valois, S.Pd dan beberapa orang tua siswa.

Berdasarkan data yang dirilis oleh floreseditorial.com, PAUD Sambi Poleng merupakan salah satu lembaga PAUD yang bernaung di bawah Lembaga Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM) Sambi Poleng sejak tahun 2016.

Pengelola PKBM Sambi Poleng, Gabriel Fredi Daar, M.Pd kepada media ini mengungkapkan bahwa Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di lembaga tersebut dilatarbelakangi oleh keperihatinan pengelola PKBM terhadap kondisi pendidikan anak usia dini di desa tersebut.

“Desa Sambi terletak di Pusat Kecamatan Reok Barat dan memiliki anak usia PAUD yang cukup banyak, namun tidak memiliki lembaga PAUD pada tahun 2016. Karena melihat kondisi tersebut, saya pun mulai merintis pelan-pelan untuk mendirikan lembaga PAUD di wilayah tersebut.” cerita Fredy Daar.

Sementara itu, Gabriel Fredy Daar menambahkan bahwa karena turut prihatin dengan kondisi anak-anak usia dini yang tidak memiliki wadah untuk belajar, maka beliau bersama pemerintah desa dan masayarakat desa Sambi membangun lembaga PAUD. Dengan semangat juang yang tidak pernah pudar dan luntur mereka pun menyediakan sarana kegiatan dan memberikan support dana untuk honor tenaga pengajar.

“Awalnya kami bersama pemerintah desa dan masyarakat setempat mengumpulkan uang masing-masing untuk honor tenaga pengajar di PAUD Sambi Poleng. Semua itu kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap nasib anak-anak dalam dunia pendidikan,” lanjut Fredi Daar.

Tidak hanya itu, Fredy Daar menambahkan bahwa sejak berdirinya PAUD tersebut, pendiri bersama pendidik PAUD terus menerus meningkatkan kualitas mutu pendidikan di lembaga tersebut. Kerja semangat para pendidik mengantar PAUD Sambi poleng menuju Paud yang akan terakreditasi.

“Saya melihat bahwa sinergitas tersebut telah mengantar Paud Sambi Poleng kepada kesiapan untuk diakreditasi oleh BAN Paud dan PNF provinsi NTT sebagai jalan menuju peningkatan mutu layanan kepada peserta didik serta pengakuan pemerintah dan masyarakat”, tambahnya.

Pada bagian akhir, Gabriel Fredi Daar, S.Pd., M.Pd selaku pengelola PAUD Sambi Poleng tersebut menyampaikan ucapan terima kasih berlimpah kepada BAN Paud PNF provinsi NTT yang sudah melakukan visitasi dalam rangka proses akreditasi lembaga Paud Sambi Poleng.

“Kami akan terus berbenah diri agar bisa memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas kepada peserta didik kami melalui berbagai upaya seperti mengikutsertakan para guru dalam kegiatan pelatihan di tingkat gugus. Menambah alat permainan baik APE dalam maupun APE luar”. tutur Fredy Daar.

Tidak hanya itu, Kepala Desa Sambi, Basilius Panja kepada kedua asesor yang datang memaparkan bahwa Paud Sambi Poleng sudah menjalankan kegiatan pendidikan dengan sangat baik dan telah membantu pemerintah desa dan masyarakat desa Sambi dalam pembangunan manusia melalui pendidikan anak usia dini.

“Kami berharap agar ibu asesor bisa memberikan rekomendasi yang baik dan bermanfaat demi peningkatan mutu lembaga ini ke depan” harap Kepala desa Sambi.

Pada bagian akhir kegiatan visitasi akreditasi tersebut, kedua asesor memberikan banyak masukan untuk diperbaiki oleh lembaga Paud Sambi Poleng ke depan, di antaranya penyediaan kegiatan muatan lokal sebagai ciri khas Paud Sambi Poleng, penambahan alat permainan Edukatif dan penyediaan sarana gedung yang baik untuk kegiatan pembelajaran.

Menanggapi rekomendasi asesor, Fredi Daar, selaku pengelola Paud Sambi Poleng berharap agar kiranya dengan adanya status akreditasi, Pemerintah daerah Kabupaten Manggarai melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai dapat memberikan perhatian kepada lembaga ini melalui pengadaan sarana gedung yang layak untuk kegiatan pembelajaran siswa.

Untuk diketahui bahwa PKBM Sambi Poleng menjalankan beberapa jenis kegiatan diantaranya; Pendidikan anak usia dini, Kursus Bahasa Inggris dan Penerbitan buku ber-ISBN. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan oleh pengelola PKBM Sambi Poleng dalam rangka mendukung program pemerintah seperti program literasi dan pembangunan manusia melalui pendidikan.

Laporan: Hardy Sungkang

Artikel ini telah dibaca 650 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya