Pendidikan

Selasa, 11 Februari 2020 - 13:12 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Kampus Universitas Katolik Indonesia St.Paulus Ruteng (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

Kampus Universitas Katolik Indonesia St.Paulus Ruteng (Foto: TeamYPF/Hardy Sungkang)

Penyusunan Visi Misi Prodi Sarjana Keperawatan Unika Libatkan Stakeholders dan Alumni

Floreseditorial.com, Ruteng – Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Unika Santu Paulus Ruteng melaksanakan kegiatan Focus Group Diskusi Penyusunan Visi Misi Program Studi, Selasa (11/20) di Aula De Lelis Fakultas Ilmu Kesehatan dan Pertanian Unika St. Paulus Ruteng.

Kegiatan FGD Penyusunan visi dan misi Program Studi Sarjana Keperawatan ini dihadiri oleh berbagai stakeholders dan alumi serta beberapa mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan.

“Hadir pula dalam kegiatan ini perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, Perwakilan dari BLUD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, organisasi PPNI dan beberapa alumni serta para dosen tingkat program studi sarjana keperawatan,” papar Lusia Henny Mariati, M.Kep selaku ketua panitia kegiatan.

Lebih lanjut, Lusia Henny Mariati menjelaskan bahwa pelaksanaan FGD ini sangat bermanfaat untuk menjaring semua masukan terutama dari Stakeholders, Alumni dan mahasiswa yang selama ini menjadi bagian dari pertumbuhan dan perkembangan Prodi Keperawatan.

“Masalah-masalah penyakit yang tidak menular, masalah promosi dan preventif, masalah kesehatan mental yang terus meningkat merupakan masukan-masukan yang sifatnya sangat membantu lembaga kami dalam target dan pencapaian pelayanannya ke depan. Hal Ini semua menjadi masukan dan bahan pertimbangan penyusunan visi dan misi, tujuan serta sasaran ataupun strategi prodi keperawatan ke depan”, lanjut Henny.

Tidak hanya itu, Lusia Henny Mariati juga menambahkan bahwa Program Studi Sarjana Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Karena itu, outputnya adalah perawat harus mampu menjadi tenaga keperawatan yang profesional dan sudah siap untuk bekerja demi pelayanan yang prima.

“Pencapaian yang harus ditargetkan ke depan bahwa Prodi Sarjana Keperawatan dan Prodi Profesi Ners harus bisa menghasilkan perawat yang mampu menjawab permasalahan yang ada di masyarakat. Tidak hanya itu, perawat yang mempunyai ciri khas sebagai lulusan Prodi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners Unika St. Paulus Ruteng yang berkaratkter dan memiliki keunggulan dan keterampilan khusus,” tambah Lusia Henny Mariati selaku Dosen Sarjana Keperawatan itu.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Pertanian Universitas Katolik St. Paulus Ruteng, Pater David Djerubu, S.Fil.,MA.

Dalam sambutan pembuka, Dekan Fakultas FIKP, David Djerubu, S.Fil, MA mengapresiasi kepada Prodi yang telah membentuk tim penyusunan visi dan misi program studi. Baginya, ketercapaian visi dan misi ke depan sangat bergantung dari apa yang telah dirumuskan saat ini.

“Kegiatan FGD penyusunan visi dan misi Program Studi Sarjana Keperawatan ini sangat penting untuk mengumpulkan berbagai saran dan masukan tentang apa tujuan Prodi selanjutnya,” tutur Pater David Djerubu.

Hal lain, Dekan FIKP itu mengharapkan agar forum diskusi seperti ini bisa dibuat bukan hanya berkaitan dengan kegiatan perumusan visi dan misi, tetapi lebih untuk beberapa hal lain yang bisa melibatkan pihak stakeholders.

Sementara itu, Margareta Rati, selaku alumni Program Studi Sarjana Keperawatan menginginkan agar Program Studi ke depannya harus memperbanyak kegiatan di luar kampus yang dapat melibatkan mahasiswa, sehingga keterampilan mereka misalnya dalam hal promosi kesehatan menjadi terlatih.

“Sehingga dalam dunia kerja kami para alumni sudah tidak merasa kaku dan ilmunya bisa diterapkan dengan baik”, tutur Margareta.

Laporan: Hardy Sungkang

Artikel ini telah dibaca 1085 kali

Baca Lainnya
x