Pendidikan

Kamis, 6 Juni 2019 - 12:27 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Ilustrasi

Ilustrasi

Pesta Kelulusan Tak Harus Coret Seragam, Kadis PK Matim: Tahun Depan Wajib Berbusana Adat

Floreseditorial.com, Borong – Meluapkan kegembiraan kelulusan Ujian Nasional bisa dilakukan melalui cara lain seperti berkumpul di sekolah sambil melaksanakan berbagai kegiatan atau di tempat-tempat tertentu yang disukai para siswa tanpa menghilangkan kegembiraan.

Demikian disampaikan Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Manggarai Timur (PK Matim) Basilius Teto yang kini tengah mencanangkan salah satu gagasan menarik untuk meminimalisir aksi corat-coret baju yang sering dilakukan oleh siswa – siswi usai mendengarkan kabar lulus dari pihak sekolah.

Rencana tersebut adalah dengan mewajibkan para peserta didik yang ingin mendengarkan kabar kelulusannya dengan menggunakan busana adat.

Hal ini disampaikan Basilius Teto kepada awak media belum lama ini saat memimpin rapat bersama sejumlah kepala sekolah di Borong, kabupaten Manggarai Timur.

Teto yang turut prihatin dengan aksi coret – coretan baju seragam anak sekolahan masa kini menegaskan bahwa rencana penggunaan busana adat saat mendengar kabar kelulusan akan segera diberlakukan.

“Tahun depan wajib berbusana adat, nanti kita akan keluarkan edaran, supaya anak anak yang pergi ke sekolah untuk mendengarkan kabar kelulusannya wajib berbusana adat,” ungkap Basilius.

Menurut Teto, upaya ini dilakukan dengan tujuan agar mencegah dan meminimalisir terjadinya kegaduhan di jalanan yang dibuat
oleh para siswa-siswi yang baru mendengar hasil ujian.

“Kami mencegah agar jangan sampai ada siswa yang turun ke jalan-jalan lalu ramai-ramai mencoret-coret seragam mereka. Hal ini tentu akan sangat merugikan baik itu kemacetan lalu-lintas, karena ini bukan suatu kebiasaan yang baik,” terangnya.

Menurutnya, aksi coret-coret seragam sepatutnya tidak dilakukan.

“Lebih baik baju baju itu kalian kasih ke adik adik kelas yang mungkin masih membutuhkan seragam,” kata Basilius Teto.

Laporan : Andre Kornasen

Artikel ini telah dibaca 645 kali

Baca Lainnya
x