Pendidikan

Jumat, 20 September 2019 - 11:50 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Asesor Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan Visitasi akrediatasi di SMP Negeri 6 Reok (Foto: TeamYPF/Adrianus Paju)

Asesor Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan Visitasi akrediatasi di SMP Negeri 6 Reok (Foto: TeamYPF/Adrianus Paju)

Tim Asesor BAN-SM NTT Gelar Visitasi Akreditasi SMP Negeri 6 Reok

Floreseditorial.com, Ruteng – Asesor Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan Visitasi akrediatasi di SMP Negeri 6 Reok, Desa Rura Kecamatan Reok Barat, Jum’at 20/9/2019.

Kegiatan dalam rangka melakukan visitasi akreditasi sekolah ini dihadiri oleh dua orang asesor yang ditugaskan secara resmi berdasarkan Surat Tugas BAN-SM Provinsi Nusa Tenggara Timur Nomor: 49/ST/BAN-SM/NTT/IX/2019.

Melalui sambungan telepon, salah satu asesor akreditasi sekolah Aloysius Simus menjelaskan, bahwa kegiatan visitasi akreditasi sekolah dilakukan untuk menggali data dan informasi yang terdapat pada satuan lembaga pendidikan.

“Visitasi Akreditasi sekolah ini penting untuk dilakukan bagi seluruh sekolah yang belum mengantongi nilai akreditasi” tandasnya.

Menurut Aloysius, Sebelum divisitasi untuk menggali data informasi akreditasi, sekolah-sekolah yang belum terakreditasi wajib mengisi instrumen akreditasi dan mengisi instrumen pengisian data dan informasi pendukung akreditasi sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Kata dia, SMP Negeri 6 merupakan sekolah pertama di Kecamatan Reok Barat yang divisitasi oleh asesor untuk menggali data dan informasi yang selanjutnya dinilai secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan.

“Kami sudah mengecek kebenaran data dan informasi sesuai ketentuan BAN-SM pada SMP Negeri 6 Reok Barat, namun untuk hasilnya kami masih menyusun laporan hasil visitasi yang kemudian akan kami rekomendasikan kepada BAN-SM Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepada Floreseditorial.com, Kepala SMP Negeri 6 Reok, Sturmeus Udi, S.Pd menjelaskan, pihaknya antusias menyambut tim asesor Terkait visitasi asesor akreditasi di sekolah mereka.

“Sekolah kami beruntung, saat ini sudah divisitasi oleh tim asesor akreditasi BAN-SM NTT, dan kami sudah menyiapkan segala data dan informasi kelembagaan sesuai kebutuhan dokumen dari 8 standar pendidikan”

Terkait dengan gedung sekolah yang belum di bangun, untuk kegiatan belajar mengajar, kepala SMP Negeri 6 Reok mengajukan secara resmi surat perjanjian penggunaan gedung secara bersama kepada Kepala SDK Wae Kaap yang disetuji oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai untuk kepentingan Kegiatan belajar sementara hingga Gedung SMPN 6 Reok tersebut selesai dibangun.

“Untuk sarana belajar, kami masih menggunakan SDK Wae Kaap menunggu gedung sekolah dibangun dan kami berharap agar surat perjanjian penggunaan gedung secara bersama SDK Wae Kaap dapat menjadi acuan asesor dalam memberikan nilai sarana pada kegiatan visitasi akreditasi SMP Negeri 6 saat ini, tutupnya.

Laporan: Adrianus Paju

Artikel ini telah dibaca 479 kali

Baca Lainnya
x