Pilkada 2020

Minggu, 9 Juni 2019 - 10:14 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Deno Kamelus (Ist)

Deno Kamelus (Ist)

Mereka Calon Pesaing Deno pada Pilkada 2020

Floreseditorial.com, Ruteng – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Manggarai baru akan berlangsung setahun lagi. Akan tetapi, sejak saat ini, sudah mulai bermunculan nama-nama yang didaulat akan menjadi pesaing bupati Manggarai Deno Kamelus.

Bahkan, sudah ada yang menyatakan diri siap untuk menjadi calon Bupati. Sementara itu, nama-nama lain yang muncul sampai saat ini dirasa masih selentingan saja. 

Nama-nama calon yang muncul pun memiliki latar belakang yang begitu beragam. Ada yang memiliki latar belakang politisi, praktisi hukum, sampai elite politik di partai tertentu. 

Deno Kamelus sendiri hampir dapat dipastikan akan kembali maju mencalonkan diri sebagai bupati Manggarai tahun 2020.

Berikut ini adalah nama-nama calon pesaing Deno Kamelus yang diisukan maju dalam Pilkada Manggarai 2020. 

1.Heri Nabit

Herybertus Geradus Ladju Nabit  alias Heri Nabit, menjadi tokoh pertama yang namanya muncul ke permukaan sebagai calon Bupati Manggarai. Pada kemunculan pertamanya, Heri diusung oleh PDI Perjuangan.

Belakangan ini, beredar isu bahwa dia juga sudah menyatakan siap untuk mencalonkan diri sebagai cabup.

Bakal Cabup yang dulunya pernah maju saat pilkada 2015 lalu, diprediksi akan kembali menjadi pesaing Deno Kamelus.

2.Victor Madur

Nama Wakil Bupati Manggarai Victor Madur juga disebut menjadi calon pesaing kuat Deno dari Partai NasDem. Statusnya yang merupakan wakil Bupati dinilai mampu menyaingi elektabilitas Deno di Manggarai. 

Selain itu, Victor juga merupakan ketua DPD Partai NasDem kabupaten Manggarai yang juga perolehan kursinya cukup banyak di DPRD kabupaten Manggarai.

Beberapa kalangan bahkan menyebut Victor bisa jadi “kuda hitam” di Pilkada 2020 nanti.

3.Pius Rengka

Kemunculan nama Pius Rengka sebagai calon Bupati Manggarai sudah lama jadi pembicaraan. Pius disebut-sebut menjadi salah satu tokoh yang bisa menyaingi elektabilitas Deno di Manggarai. 

Wakil ketua DPD I Golkar NTT Frans Sarong bahkan sudah mengapresiasi langkah Pius Rengka yang mengambil pilihan mendaftarkan diri lewat Golkar.

“Pius Rengka memang pantas “menari” melalui panggung partai besar seperti Golkar. Selain pas, juga sudah waktunya. Profesiat untuk Pius Rengka,” kata Frans beberapa waktu lalu.

4.Osi Gandut

Simprosa Rianasari Gandut alias Osi Gandut, Ketua DPD II Golkar Manggarai mengaku akan ikut mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati kabupaten itu.

Hal ini diungkapkan Osi kepada wartawan saat partai Golkar membuka Pendaftaran bagi para calon Bupati di kabupaten Manggarai beberapa waktu lalu.

Osi bahkan disebut sebut sebagai politisi yang harus disegani oleh politisi politisi lainnya di Manggarai terkait Strategi pemenangan, mengingat Osi yang sudah cukup lama malang melintang di dunia politik.

5.Boni Hargens

Selentingan terkait nama Boni Hargens memang belum dapat dikonfirmasi.

Namun, nama penulis buku 10 dosa politik SBY-JK  yang juga seorang akademisi asal kabupaten Manggarai itu juga santer disebut-sebut sebagai calon Bupati Manggarai yang mampu menyaingi elektabilitas Demo Kamelus pada Pilkada 2020 mendatang di kabupaten Manggarai.

Nama – Nama Lain Terus Bermunculan

Selain kelima nama tersebut, sebenarnya banyak nama lain yang muncul ke permukaan. Seperti dari Partai Keadilan sejahtera , ada nama anggota DPRD Manggarai Marsel Ahang dan juga dari kalangan praktisi hukum ada nama ketua LBH Manggarai Raya Fransiskus Ramli.

Nama Prof. DR. Fransiskus Bustan, M.Lib juga sempat dikabarkan menjadi bakal calon Bupati di kabupaten Manggarai.

Prosesnya masih sangat panjang. Meski demikian, dinamika Pilkada Manggarai 2020 tetap akan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat.

Laporan : Andre Kornasen  

Artikel ini telah dibaca 202 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya