Marselinus N. Ahang, Anggota DPRD Kabupaten Manggarai (Foto : Dokumentasi FE)

“Terkait Laporan Dugaan Istri Sekdinkes Manggarai Sosialisasi Caleg Pakai Mobil Dinas”

FLORESEDITORIAL.COM, RUTENG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Manggarai telah melayangkan surat undangan untuk klarifikasi pada Marsel Ahang, politisi Partai Keadilan sejahtera (PKS).

Ahang dipanggil untuk mengklarifikasi laporannya pada tanggal 22 Desember 2018 lalu yang telah melaporkan Ursula Anur, caleg Partai Amanat Nasional (PAN) ke Bawaslu kabupaten Manggarai.

Urusla dilaporkan Ahang karena diduga kuat telah mensosialisasikan diri sebagai Caleg dengan menggunakan mobil dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten Manggarai.

Kepada media ini, Ahang menjelaskan bahwa dirinya akan mendatangi kantor Banwas kabupaten Manggarai pada Senin (07 Januari 2019) mendatang.

“Nanti hari Senin saya menghadap,” tandas Ahang.

Anggota DPRD kabupaten Manggarai yang juga merupakan politisi PKS itu mengklaim telah mengantongi sejumlah bukti dugaan keterlibatan istri Sekretaris dinas kesehatan kabupaten Manggarai itu untuk bersosialisasi sebagai caleg dengan menggunakan mobil dinas.

“Saya sudah kantongi bukti – buktinya,” ketusnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Ursula Anur, salah satu caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah pemilihan kecamatan Lelak secara resmi dilaporkan ke Bawaslu kabupaten Manggarai karena diduga kuat menggunakan mobil dinas kesehatan (Dinkes) kabupaten Manggarai untuk mensosialisasikan diri sebagai caleg.

Informasi yang dihimpun media melalui pelapor, istri Kanisius Nasak yang adalah sekretaris dinas kesehatan kabupaten Manggarai itu menggunakan mobil dinas kesehatan kabupaten Manggarai untuk mensosialisasikan diri sebagai Caleg pada Jumat (21/12/2018) di kampung Weol Cancar, kabupaten Manggarai.

Ahang berujar, merujuk pada peraturan menteri PAN-RB No.87 tahun 2005 tentang pedoman peningkatan pelaksanaan efesiensi penghematan dan disiplin kerja menteri pendayagunaan aparatur negara yang mengatur bahwa kendaraan dinas hanya dibolehkan untuk kepentingan dinas demi kelancaran tugas pokok dan fungsi.

“Selain itu, salah satu asas penyelenggaraan kebijakan dan management ASN adalah netralitas, atas dasar itulah, saya melaporkan hal ini ke Bawaslu kabupaten Manggarai,” tandasnya.

Meski demikian, Sekretaris dinas kesehatan kabupaten Manggarai Kanis Nasak membantah tudingan Ahang.

Kepada media ini, Kanis Nasak menjelaskan bahwa penggunaan kendaraan dinas milik dinas kesehatan kabupaten Manggarai pada Jumat (21/12/2018) di kampung Cancar, kabupaten Manggarai itu masih dalam konteks pelayanan kepada masyarakat dan bukan untuk kepentingan politik

Laporan : Hardy Sungkang

Komentar Anda?