Marselinus N. Ahang, Anggota DPRD Kabupaten Manggarai (Foto : Dokumentasi FE)

Marsel N. Ahang adalah salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai yang cukup ekstrim dalam membongkar mafia politik dalam kepemerintahan daerah Kabupaten Manggarai. Marsel Ahang adalah sosok riil representasi rakyat Kabupaten Manggarai yang pada hakekatnya nyata membela rakyat. Hal ini ditandai dengan kegetolan beliau dalam memperjuangkan keterkungkungan rakyat dari mafia politik dan kepemimpinan.

Kini, pria kelahiran Cancar tersebut ingin melanjutkan periode kedua dalam menjalankan mandat ketika kembali terpilih oleh rakyat dapil Kecamatan Ruteng dan Kecamatan Lelak. Karena itu, beliau masih sangat mengharapkan dukungan dan pilihan rakyat.

MENGENAL SOSOK MARSEL AHANG DAN KARIRNYA

Marsel N. Ahang menyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SD Cancar satu, kecamatan Ruteng tahun 1986. Tahun 1989 ia menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri Cancar. Sementara itu, ia merupakan alumni SMA Widya Bakti Lospalos Timor-Timur. Sedangakan tahun 2013 Marsel Ahang menyelesaikan pendidikan Strata satunya di UNWIRA Kupang dengan gelar sarjana hukum.

Sejak menyelesaikan masa kuliahnya, anggota DPR fraksi PKS tersebut sudah banyak berkarir di berbagai jenis instansi dan lembaga sosial lainya. Sejak tahun 2005 sampai sekarang, calon incumbent fraksi PKS tersebut masih menjabat sebagai direktur LSM Lembaga Pengajian Penelitian Demokrasi Mayarkat (LPPDM). Beliau pernah bekerja di koperasi harian selama satu taun di Kabupaten Lombok Barat pada tahun 2003. Pernah bekerja di kilang kelapa sawit Kuala Lumpur Malaysia selama satu tahun pada tahun 2004.

Tidak hanya sampai pada titik itu, anggota DPR Kabupaten Manggarai itu pada bulan Oktober tahun 2018 lalu mengikuti pendidikan khusus profesi advokat di UNFLOR Ende. Buah dan hasil dari pendidikan, beliau mendapatkan predikat advokat atau pengacara.

Bergerak untuk membongkar ketidakmapanan suatu daerah meski membutuhkan generasi milenial yang getol dan ekstirm dalam mengendus mafia dan kolusi. Kepribadian yang getol membela rakyat dan jiwa konstruktif tampak dalam sosok Marsel Ahang. Entah percaya atau tidak, hal ini sudah nyata dan pasti banyak rakyat yang menonton dan mengapresiasinya.
Pengalaman ini tidak hanya muncul di permukaan panggung DPRD, tetapi sudah menjadi tugasnya sebagai generasi yang siap dan tak gentar.

Ahang, pernah memimpin langsung aksi demo damai sebelum menjabat sebagai DPRD Kabupaten Manggarai. Demo damai atas kasus ubi aldira dan kasus kapal Napaleon di Kabupaten Manggarai Barat. Sementara di Kabupaten Manggarai, ia hampir setiap bulan turun aksi demo untuk mengontrol kebijakan pemerintah. Sedangakan di Kabupaten Manggarai Timur, anggoa DPRD fraksi PKS tersebut pernah memimpin aksi damai terkait pembangunan infrastruktur. (EP/HD)

Tinggalkan Balasan