Pose bersama relawan Relasi kecamatan Ruteng bersama penyandang disabilitas St.Damian dan St.Rafael Cancar (Foto: Juito Ndasung)

Floreseditorial.com, Ruteng – Relawan Demokrasi (RELASI) kecamatan Ruteng kabupaten Manggarai menggelar sosialisasi mengenai pemilihan umum kepada enam puluan wajib pilih di basis penyandang disabilitas di St. Damian dan St. Rafael Cancar. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 2 Maret 2019 bertempat di aula serbaguna St. Damian Cancar.

Sosialisasi ini digelar dalam rangka menyukseskan serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum 17 april 2019 mendatang.

Dalam penyampaian materi Lucian Proja Moa salah satu tim Relawan demokrasi menyampaikan, bahwa partisipasi masyarakat dalam pemilu sangatlah penting untuk menentukan nasib Indonesia dalam lima tahun kedepannya. Selain itu Lucian Proja Moa juga mengajak masyarakat untuk tidak golongan putih (Gloput) dalam pemilihan umum mendatang.

Sementara itu Oktavianus Agung yang juga tim relawan demokrasi kecamatan Ruteng dalam kesempatan yang sama menyampaikan hal teknis dalam pemilu 17 April mendatang.

“Pemilu 17 April 2019 merupakan sejarah pertama Indonesia manyatukan lima pemilihan umum, yaitu pemilihan umum DPRD kabupaten kota, DPRD Provinsi, DPR-RI, DPD-RI serta Presiden dan wakil Presiden” papar Oktavianus Agung dalam menyampaikan materinya.

Sementara itu suster Franselin sebagai kepala St. Damian Cancar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Relawan demokrasi kecamatan Ruteng yang telah melakukan sosialisasi kepada kelompok penyandang disabilitas.

“Kami berharap agar panitia pemilu di desa atau kecamatan agar cepat mendata kembali kami di sini karena masih banyak yang belum di data, apalagi banyak karyawan dan anggota kami pendatang baru, kami tidak mau golput dan kami tidak mau suara kami di sia-siakan”. Pungkas Suster Franselin

Selain itu suster Franselin berharap agar pihak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manggarai memajang semua nama para caleg serta foto presiden dan wakil presiden karena banyak anggota kami yang belum tau nama caleg, kami tidak tau mau pilih siapa. Tutur-Nya
Untuk di ketahui wajib pilih penyandang disabilitas di St. Damian dan St. Rafael Cancar mencapai enam puluan.

Laporan : Engkos Pahing

Tinggalkan Balasan