• Minggu, 26 Juni 2022

Siraman Rohani Kamis, 19 Mei 2022: Jadilah Saksi Kasih Tuhan Kepada Sesama!  

- Kamis, 19 Mei 2022 | 00:05 WIB
Siraman Rohani  Kamis, 19 Mei 2022: Jadilah Saksi Kasih Tuhan Kepada Sesama!   (Ilustrasi)
Siraman Rohani Kamis, 19 Mei 2022: Jadilah Saksi Kasih Tuhan Kepada Sesama!   (Ilustrasi)

Oleh: Pater Fredy Jehadin

INJIL YOHANES
15: 9 - 11

"Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasihKu itu. Jikalau kamu menuruti perintahKu, kamu akan tinggal di dalam kasihKu, seperti Aku menuruti perintah BapaKu dan tinggal di dalam kasihNya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacitaKu ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.


Siraman Rohani

Saudara-saudari... Hari ini Yesus menggunakan satu analogi tentang hubungannya dengan para murid-Nya dengan mengatakan: “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu. Tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.”  

Lewat pernyataan ini, Yesus mau menjelaskan relasi Bapanya dengan Dia. Mereka saling mengasihi, menghargai dan mendengarkan sesama. Yesus Kristus, yang adalah Anak Bapa, selalu mentaati kehendak dan perintah Bapanya. Karena ketaatannya, maka Ia sangat dikasihi Bapanya. Apa yang dilakukannya selalu dibantu oleh Bapa-Nya.

Sikap dan relasi – Bapa dan Anak – inilah yang didambakan oleh Yesus Kristus dari para murid-muridNya. Kalau para murid-murid-Nya selalu memupuk relasi penuh kasih ini dengan Yesus Kristus, maka sukacita Kristus sungguh hidup di dalam diri para muri-muriNya.

Kalau sukacita Kristus sungguh hidup dalam diri para murid-murid, maka sudah pasti para murid-murid Kristus selalu bersukacita dalam menjalankan perintah Tuhan, walaupun mereka menghadapi banyak tantangan. Seperti Yesus Kristus, karena Bapa-Nya selalu menyertai Dia, maka segala kesulitan yang dihadapi Yesus Kristus selalu bisa diatasi, karena Bapa-Nya selalu ada bersama Dia. Demikian para murid-murid Kristus.

Kita ingat para murid Kristus perdana dan para martir serta santu –santa, walaupun mereka mengalami banyak tantangan dalam tugas mewartakan Injil Tuhan, mereka tidak takut walaupun diancam mati. Mereka sanggup menjalankannya karena Tuhan selalu ada bersama mereka.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X