• Jumat, 1 Juli 2022

Renungan Bulan Maria, 22 Mei 2022: Gairah, Baptisan dan Hadiah dalam Penyerahan Kepada Maria

- Minggu, 22 Mei 2022 | 00:02 WIB
Renungan Bulan Maria, 22  Mei 2022: Gairah, Baptisan dan Hadiah dalam Penyerahan Kepada Maria  (FEC Media)
Renungan Bulan Maria, 22 Mei 2022: Gairah, Baptisan dan Hadiah dalam Penyerahan Kepada Maria (FEC Media)

Oleh: Rm Beny Jaya

Ringkasan ajaran de Monfort

Kita telah mendalami konsekrasi menurut empat tokoh besar dalam Gereja. Terhadap semua hal ini dibutuhkan apa yang disebut Paus Yohanes Paulus sebagai "kapasitas bijaksana untuk mengingat dan merangkul dalam satu tatapan iman."

Kita dapat mengembangkan "kemampuan bijaksana" ini dengan melanjutkan apa yang telah kita lakukan selama ini, yaitu merenungkan dalam hati kita (lihat Luk 2:19), tetapi sekarang dengan fokus yang lebih halus. Untuk memberi kita fokus yang lebih halus ini, untuk setiap gagasan dari empat tokoh ini. Pada akhirnya kita menangkap esensi konsekrasi kepada Maria.

Ada Tiga kata yang menjadi rangkuman dari apa apa yang kita pelajari dari St. Louis de Montfort: (1) Gairah, (2) Baptisan, dan (3) Karunia. Mari kita renungkan masing-masing secara bergantian.

GAIRAH atau semangat berkobar-kobar. Ingatlah bahwa St. Louis mewarisi sifat berapi-api ayahnya. Ini bisa menyebabkan bencana, tetapi Louis menguduskan dirinya kepada Yesus melalui Maria.

Dia mengizinkan Maria untuk mengambil alih hidupnya dan melakukan dengan dia sesuai keinginannya. Dan apa yang Maria lakukan dengan dia? Dia ‘membakarnya’.

Dia mengubah kemarahannya yang tidak suci menjadi api suci yang menyala-nyala. Dia bertindak dengan Pasangannya, mempelainya yaitu Roh Kudus, untuk mengisi Louis dengan hasrat dan semangat untuk Kristus, dan dia melanjutkan untuk membakar seluruh kota dan wilayah dimana dia berada. Dia diisi dengan cinta untuk Yesus Sang Kebijaksanaan yang Berinkarnasi. Pemgaruhnya bukan hanya kota dan wilayahnya .

Ajaran De Montfort menjadi berkobar-kobar selama berabad-abad, menyulut orang-orang kudus, paus, dan bahkan orang berdosa yang malang dengan cinta yang membara kepada Tuhan.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X