• Rabu, 29 Juni 2022

Siraman Rohani Senin, 23 Mei 2022: Roh Kudus Adalah Penuntun Dan Pembela Kita!

- Senin, 23 Mei 2022 | 00:05 WIB
Siraman Rohani  Senin, 23 Mei 2022: Roh Kudus Adalah Penuntun Dan Pembela Kita!
Siraman Rohani Senin, 23 Mei 2022: Roh Kudus Adalah Penuntun Dan Pembela Kita!

Oleh: Pater Fredy Jehadin

INJIL YOHANES 15: 26 - 16: 4a

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus berkata kepada murid-muridNya:

"Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."

Siraman Rohani

Saudara-saudari... Injil hari ini menceriterakan kepada kita apa yang terjadi pada waktu perjamuan terakhir. Yesus Kristus memberikan amanat perpisahan kepada para muridNya. Pada malam perjamuan, sewaktu memberikan amanat perpisahan, Ia tidak memberitahukan kepada para muridNya bahwa hari besoknya – yaitu hari Jumat, Ia akan dibunuh, disalibkan. Sadar akan apa yang akan dialami para muridNya, yaitu perasaan terlantar karena ditinggalkan oleh seorang Bapa – Yesus menjanjikan kepada mereka bahwa Penghibur atau Pembela akan diutus kepada mereka. Penghibur atau Pembela itu adalah Roh Kudus, Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Yesus Kristus.
 
Tugas dari Roh Kudus itu ada tiga:

1) Mengingatkan para murid akan apa yang sudah diajarkan Yesus Kristus kepada mereka.

2) Membimbing para murid untuk melakukan apa yang benar dan sesuai dengan kehendak Tuhan. Ia akan berkata-kata dalam hati para muridNya akan kebenaran.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X