• Rabu, 29 Juni 2022

Siraman Rohani Rabu, 25 Mei 2022: Biarkanlah Roh Kudus Memimpin Kita!

- Rabu, 25 Mei 2022 | 00:05 WIB
Siraman Rohani  Rabu, 25 Mei 2022: Biarkanlah Roh Kudus Memimpin Kita! (Ilustrasi)
Siraman Rohani Rabu, 25 Mei 2022: Biarkanlah Roh Kudus Memimpin Kita! (Ilustrasi)

Oleh: Pater Fredy Jehadin

INJIL YOHANES 16: 12 - 15

Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diriNya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaKu. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari padaKu."

Siraman Rohani

Saudara-saudari... Ngomong tentang Roh Kudus, saya teringat pengalaman nyata seorang mantan mahasiswa saya. Dia mengalami kesulitan dalam mempelajari Teologi. Apa lagi dengan istilah-istilah Latin yang sulit dipahaminya. Sadar akan hal itu, dia meminta seorang Pastor (bukan seorang dosen) untuk menjelaskan kepadanya istilah-istilah Latin itu.

Penjelasannya sedikit membantu, tetapi teman ini belum merasa yakin. Pada hari ujian, sepanjang pagi dia sangat sibuk bekerja. Tidak ada kesempatan untuk melihat lagi bahan kuliahnya. Selagi bekerja dia ngomong dengan Yesus, Roh Kudus, Bunda Maria, dan dengan Pendiri Serikat.

Dia pasrahkan ujiannya pada Roh Kudus, Bunda Maria dan Pendiri Serikatnya. Sore harinya dia ke sekolah. Teman- temannya sibuk membaca ringkasan mata kuliah, sementera dia tidak. Dia pasrah dan berdoa. Dia memohon Roh Kudus untuk membantu dia. Ketika gilirannya tiba, dia masuk menghadap dosen penguji.

Ujian diadakan secara lisan. Dia berdoa lagi  meminta ketenangan bathin. Di saat dosennya melontarkan satu pertanyaan, dia dengan sangat senang menjawab pertanyaan itu. Kata-kata yang keluar dari mulutnya begitu mengalir. Sesudah 15 menit, dosennya sangat gembira dan merasa kagum dengan jawabannya.

Dosen mengucapkan profisiat kepadanya dan dia mendapat nila 10. Teman ini sangat kaget karena dia tidak pernah berpikir, bahwa dia akan bisa mendapat nilai yang begitu tinggi. Dia percaya itu semua adalah pekerjaan Roh Kudus. Dia kembali melambungkan syukur dan pujian karena Tuhan sumber segala pengetahuan telah membantu dia.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X