Renungan Bulan Maria, 26 Mei 2022: Maria Cinta Budaya

- Kamis, 26 Mei 2022 | 00:23 WIB
Renungan Bulan Maria, 26 Mei 2022: Maria Cinta Budaya
Renungan Bulan Maria, 26 Mei 2022: Maria Cinta Budaya

Oleh: Rm Beny Jaya

Maria lahir dan hidup dalam satu budaya tertentu, yaitu budaya Yahudi. Sebagai warga budaya,warga adat istiadat, keterpilihannya tidak membuat Maria menjauh dari budayanya. Tetapi sangat mencintai dan menjujung tinggi budaya yang ada.

Injil Lukas menceritakan kisah kesetian Maria pada budaya. Dalam Injil Lukas ( 2, 21-40) menceritakan penyunatan Yesus. “Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan. Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebutkan oleh malaikat sebelum dikandung ibunya.Dan ketika genap pentahiran, menurut hukumTaurat Musa, mereka membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkanNya, seperti ada tertulis dalam hukum Taurat. “Semua anaklaki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah”

Bagi orang Yahudi, agama dan budaya satu. Kisah penyunatan Yesus, selain sebagai peristiwa agama juga merupakan peristiwa budaya.

Baca Juga: Renungan Bulan Maria, 25 Mei 2022: Haus, Hati dan Perjanjian dalam Penyerahan Diri Kepada Maria

Karena itu, apa yang terjadi pada Yesus merupakan bagian dari budaya. Maria bersama suaminya Yusef datang menjalankan peristiwa sunat bagi Yesus karena Maria dan Yosef mencintai budaya. Keterpilihan Maria dan Yosef tidak membuat mereka menyikingkirkan adat istiadat atau budaya nenek moyang yang terwaris sejak lama.

Kisah kedua, yang bisa diambil sebagai acuan bahwa Maria mencintai budaya adalah kehadiran Bunda Maria dalam peristiwa di Kana.

Injil Yohanes mencatat, “Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana di Galilea, dan Ibu Yesus ada di situ”. Maria tidak ditulis sebagai tamu undangan. Ini sangat berbeda dengan Yesus. “Yesus dan murid-muridNya diundang juga ke perkawinan itu” (Yohanes 2, 1-2).

Baca Juga: Renungan Bulan Maria, 24 Mei 2022: Misteri, Prajurit dan Cinta Dalam Penyerahan Kepada Yesus

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Titipkan Air Mataku pada Hujan

Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:19 WIB

Simak Bacaan Injil Selasa 04 Oktober 2022

Senin, 3 Oktober 2022 | 13:44 WIB

Baca, Renungan Harian Katolik Senin 26 September 2022

Minggu, 25 September 2022 | 11:20 WIB
X