Simak Renungan Harian: Selasa, 24 Januari 2023 'Sehati Sepikir'

- Senin, 23 Januari 2023 | 11:23 WIB
Simak Renungan Harian: Selasa, 24 Januari 2023 'Sehati Sepikir'
Simak Renungan Harian: Selasa, 24 Januari 2023 'Sehati Sepikir'

Floreseditorial.com - Bacaan Alkitab: Roma 12:1-16.

Sebelum mempraktikkan kehidupan Kristen, Paulus menjelaskan prinsip utama di dalam kasih di antara tubuh Kristus yaitu di ayat 16, "Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu bersama; janganlah kamu memikirkan perkara-perkara yang tinggi, tetapi arahkanlah dirimu kepada perkara-perkara yang sederhana. Janganlah menganggap dirimu pandai!" Ada dua bagian penting yang Paulus ingin singkapkan bagi kita sebagai pokok-pokok penting kasih persekutuan di dalam tubuh Kristus yang menjadi teladan bagi kasih kepada orang-orang di luar Kristen, yaitu:

Pertama, kerukunan di dalam satu pikiran/pendapat. Paulus mengajar kita, "Hendaklah kamu sehati sepikir dalam hidupmu Bersama". Inilah konsep penting pertama tentang kasih persaudaraan yang ingin Paulus tekankan. Di dalam kasih, ada kesamaan arah pikiran dan hati kita.

Baca Juga: Berikut Ini Ramalan Shio Macan di Tahun 2023, Simak Ulasannya

Dikutip dari Sch.id, kesamaan ini bukan berarti kesamaan yang dipaksakan, tetapi kesamaan ini dibangun di atas dasar sesuatu yang kokoh. Apakah dasar itu? Yaitu kebenaran Firman. Jemaat Tuhan memiliki kesamaan hati dan pikiran ketika mereka bersama-sama tunduk di bawah otoritas Firman. Saat itu pula sesama jemaat Tuhan dapat hidup rukun.

Kedua, ketidaksombongan. Kasih yang sehati sepikir/rukun di atas dapat diwujudnyatakan dengan tidak adanya kesombongan di dalam kasih persekutuan. Kasih yang tidak sombong ini diwujudkan dengan orang itu tidak merasa diri hebat, pintar, tetapi bersedia merendahkan diri dan bergaul dengan orang yang statusnya rendah atau sederhana.

Baca Juga: Ramalan Shio Kelinci di Tahun 2023: Peruntungan, Simak Yuk

Saat ini, setelah kita merenungkan satu ayat ini, marilah berkomitmen menyatakan kasih persekutuan yang sehati sepikir dan tidak sombong sehingga itu mengakibatkan timbulnya kerukunan antar sesama tubuh Kristus dan kita menjadi berkat bagi orang-orang di luar Kristus. Maukah Anda melakukannya?

Kehidupan Kristen yang sejati ditunjukkan melalui kesehatian setiap anak-anak Tuhan dalam melakukan firman-Nya tiap-tiap hari.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Generasi Pengabdi Hoaks

Sabtu, 7 Januari 2023 | 09:53 WIB

Jelang Tahun Baru 2023, Waspadai Beberapa Hal ini

Jumat, 23 Desember 2022 | 09:46 WIB

Sejarah Kabupaten Manggarai Barat

Sabtu, 10 Desember 2022 | 21:48 WIB

Titipkan Air Mataku pada Hujan

Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:19 WIB
X