• Jumat, 1 Juli 2022

Agar Kata Sandi Kebal dari Serangan Hacker, Ikuti Sembilan Aturan Dasar Ini

- Senin, 9 Mei 2022 | 19:58 WIB
Agar Kata Sandi Kebal dari Serangan Hacker, Ikuti Sembilan Aturan Dasar Ini (Pexels.com)
Agar Kata Sandi Kebal dari Serangan Hacker, Ikuti Sembilan Aturan Dasar Ini (Pexels.com)

Floreseditorial.com - Kata sandi atau password yang kuat akan membantu melindungi akun internet, apakah itu media sosial, bank atau aplikasi menonton.

Sayangnya, di era digital ini, cukup sulit untuk membuat dan mengingat kata sandi karena setiap aktivitas di dunia maya seringkali membutuhkan akun. Meski pun begitu ada sembilan aturan dasar yang bisa membantu pengguna membuat kata sandi yang kuat untuk berbagai akun internet, dikutip dari laman Cnet, Senin.

1. Aplikasi pengelolaan kata sandi

Kata sandi yang kuat biasanya terdiri dari berbagai karakter, angka dan karakter spesial seperti tanda seru. Kata sandi yang kuat seringkali susah diingat karena begitu banyak kombinasi.

Pengguna juga disarankan menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun. Oleh karena itu, untuk mengingat setiap kata sandi, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pengelolaan kata sandi, password manager, resmi, baik gratis maupun berbayar.

Beberapa peramban menyediakan fitur password manager.

​​​
2. Tulis di kertas

Sejumlah pakar menyarankan cara tradisional ini sebagai cadangan jika terjadi masalah pada aplikasi pengelolaan kata sandi. Menulis nama akun dan kata sandi di kertas memang terdengar tidak aman karena bisa saja tercecer.

Tapi, jika ditaruh di tempat yang sangat aman, misalnya brankas, catatan kata sandi di kertas bisa membantu masuk ke akun internet. Batasi orang yang bisa mengakses catatan tersebut.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X