Dalam Mencegah Kebocoran Data, Berikut Beberapa Langkah dari Menkominfo yang Bisa Diikuti

- Selasa, 31 Mei 2022 | 21:40 WIB
Logo Kominfo ((Kominfo.go.id))
Logo Kominfo ((Kominfo.go.id))

Floreseditorial.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G.Plate mengungkap beberapa langkah pencegahan kebocoran data di Indonesia yang terbagi dalam dua periode, untuk jangka panjang dan jangka pendek.

Untuk jangka pendek Johnny menyebut pihaknya menyiapkan langkah yang bersifat penegakan hukum lewat regulasi yang lebih matang, sementara untuk jangka panjang pihaknya menyiapkan langkah pencegahan lewat edukasi program literasi digital nasional.

“Kementerian Kominfo mengambil kebijakan serta menyiapkan program yang dinamakan program literasi digital tingkat dasar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD),” ujar Johnny dalam siaran pers, Selasa.

Menurut Menteri Johnny, pelaksanaan program GNLD disiapkan menjangkau seluruh masyarakat Indonesia sehingga mereka memiliki pemahaman dan fondasi dasar yang baik berupa keterampilan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Baca Juga: KPK Tambah 28 Personel Kedeputian Penindakan dari Kepolisian

Edukasi menjadi hal yang penting untuk digelorakan agar di samping penegakan hukum, masyarakat juga memiliki tingkat kesadaran digital yang meningkat sehingga semakin sedikit celah kejahatan digital yang bisa menyerang.

“Itu langkah-langkah yang diambil untuk jangka yang panjang, disamping tentu regulasi-regulasi yang kita siapkan. Namun, untuk jangka yang pendek kita harus mempunyai model, sistem, dan pilihan teknologi enkripsi yang kuat,” ujar Johnny.

Mengenai regulasi, Menkominfo menegaskan pencegahan kebocoran data di Indonesia telah diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSE) serta Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Regulasi itu mencakup penegakan hukum terhadap sektor privat maupun sektor publik sehingga dapat memberikan payung hukum jika ternyata terjadi pelanggaran terhadap data pribadi masyarakat.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TransJakarta Uji Coba Mobil Listrik Untuk Angkot

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Cek Fakta: Facebook dan Whatsapp akan Diblokir?

Rabu, 20 Juli 2022 | 14:07 WIB
X