• Sabtu, 2 Juli 2022

Deretan Negara Eropa Krisis Energi, Jerman Salah Satunya

- Rabu, 22 Juni 2022 | 20:23 WIB
Ilustrasi krisis energi (pixabay/analogicus)
Ilustrasi krisis energi (pixabay/analogicus)

Floreseditorial.com - Negara-negara di benua Eropa kini sedang terancam mengalami krisis energi. Kemungkinan musim panas tahun ini mengalami krisis bahan bakar akibat diperketatnya pasar minyak dunia.

"Ketika musim liburan utama dimulai di Eropa dan AS, permintaan bahan bakar akan meningkat. Kemudian kita bisa melihat kekurangan: misalnya dengan solar, bensin, atau minyak tanah, khususnya di Eropa," tutur kepala Badan Energi Internasional (IEA) Fatih Birol kepada Der Spiegel, dilansir Reuters bukan Mei lalu.

Birol menduga, kemungkinan krisis energi saat ini jauh lebih besar dan mengerikan daripada krisis minyak dunia pada tahun 1970-an dan kemungkinan kekurangan bahan bakar kali ini jauh lebih lama.

"Saat itu hanya tentang minyak. Sekarang kita mengalami krisis minyak, krisis gas, dan krisis listrik secara bersamaan," tambahnya.

Berikut negara-negara di Eropa yang mengalami krisis energi sebagai berikut :

1. Jerman

Jerman berencana membangkitkan sistem pembangkit listrik menggunakan batu bara ( PLTU ) Mengingat Rusia membatasi pasokan gas disetiap negara.

Menteri Ekonomi Robert Habeck memperingatkan bahwa situasinya akan "sangat ketat di musim dingin". Apalagi, jika negara itu tidak melakukan tindakan pencegahan untuk membendung kekurangan pasokan.

Oleh karena itu, Jerman berencana membangkitkan kembali pembakaran menggunakan batu bara.

Disisi lain, Jerman adalah salah satu negara yang melarang penggunaan bahan bakar fosil paling intensif karbon itu.

Halaman:

Editor: Resti Seli

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X