Bedah Jarak Jauh Robotik di Indonesia Dimulai 2025

- Kamis, 30 Juni 2022 | 17:03 WIB
Ilustrasi Robot Trading. (PIXABAY)
Ilustrasi Robot Trading. (PIXABAY)

 

 

Floreseditorial.com - Dokter Ahli Bedah Robotik RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung Reno Rudiman memperkirakan layanan operasi bedah jarak jauh melalui bantuan alat robotik di Indonesia dimulai paling lambat 2025.

"Platformnya sudah kami siapkan. Praktik nyata pembedahan jarak jauhnya belum, baru pada 2024 dan 2025 ditargetkan bergulir. Saat ini kami baru tancapkan benderanya," kata Reno Rudiman yang diwawancara melalui Zoom di Jakarta, Kamis.

Cara pembedahan melalui bantuan alat robotik atau robotic surgery dikendalikan menggunakan console di tangan dokter bedah, maupun remote control jarak jauh. Mesin akan menerjemahkan setiap gerakan tangan pembedah ke lengan robot di tubuh pasien.

Baca Juga: Ngaku Polisi Dan Peras Warga, Pemuda Ini Diringkus Polisi

Ia mengatakan gerakan robot sangat akurat dan presisi sebab tremor tangan dokter bedah dapat diabsorbsi sehingga gerakan instrumen tetap stabil. Robotik juga membuat posisi operator lebih ergonomis, sehingga tidak melelahkan untuk operasi yang memakan waktu lama.

Rino mengatakan robotic surgery sangat potensial untuk melakukan telesurgery atau pembedahan jarak jauh, di mana lokasi operator dapat berjauhan dengan lokasi pasien berada.

Keuntungan dari robotic surgery ada pada akurasi gerakan yang lebih presisi saat melakukan bedah luka operasi kecil, sehingga nyeri usai bedah bisa ditekan seminimal mungkin.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

TransJakarta Uji Coba Mobil Listrik Untuk Angkot

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Cek Fakta: Facebook dan Whatsapp akan Diblokir?

Rabu, 20 Juli 2022 | 14:07 WIB
X