Tiga Tren Ini Terkait Dengan Peran Teknologi Dalam Pertumbuhan UMKM

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 13:48 WIB
Ilustrasi Teknologi (Pixabay.com)
Ilustrasi Teknologi (Pixabay.com)



Floreseditorial.com - Riset SMB Pulse Index oleh Mekari menyebutkan terdapat tiga tren yang terkait dengan peran teknologi dalam memperkuat resiliensi UMKM untuk menjaga pertumbuhan bisnis di tengah pandemi.

Riset yang dilakukan oleh perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) tersebut, memperlihatkan bahwa transformasi digital dapat menguatkan resiliensi UMKM dalam menghadapi gejolak pasar.

Hasil riset menunjukkan bahwa terdapat tiga tren terkait adopsi solusi digital yang bisa dijadikan pedoman bagi industri kecil dan menengah dalam menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan pasar.

Baca Juga: Barcelona Terancam Kehilangan Franck Kessie Dan Andreas Christensen

"Tren pertama adalah UMKM yang sigap beradaptasi dengan solusi digital akan lebih lincah menangkap peluang peluang pasar dan lebih cepat kembali ke titik pertumbuhan positif," ujar Anthony Kosasih selaku COO Mekari dalam diskusi daring "Mekari Conference 2022" di Jakarta, Kamis.

Data SMB Pulse Index mencatat 73 persen dari UMKM pengguna solusi digital yang disurvei merekam pertumbuhan positif selama 2021 atau saat puncak pandemi COVID-19.

Khusus untuk UMKM di segmen Business-to-Consumer (B2C), pergeseran konsumen ke belanja online telah membantu UMKM yang terdigitalisasi untuk kembali ke titik pertumbuhan positif.

Baca Juga: Sopir Taksi Terduga Pelaku Asusila Di Kebayoran Lama Ditangkap

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Fakta Terbaru Tentang WhatsApp, Pengguna Wajib Baca

Senin, 26 September 2022 | 12:09 WIB

Game Online Merusak Belajar Siswa

Senin, 5 September 2022 | 14:26 WIB

TransJakarta Uji Coba Mobil Listrik Untuk Angkot

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:51 WIB

Cek Fakta: Facebook dan Whatsapp akan Diblokir?

Rabu, 20 Juli 2022 | 14:07 WIB
X