• Senin, 4 Juli 2022

Yuk, Intip Cara Mencegah Korupsi Dalam Lingkup Perusahaan

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 11:11 WIB
Yuk, Intip Cara Mencegah Korupsi Dalam Lingkup Perusahaan
Yuk, Intip Cara Mencegah Korupsi Dalam Lingkup Perusahaan

Floreseditorial.com - Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pejabat publik yang menerima suap kembali terjadi.

Seperti diketahui, Menteri Sosial, Juliari Batubara ditetapkan sebagai tersangka penerima suap pada Minggu (6/12).

Meskipun pola kasus tindak pidana korupsi seperti ini terus berulang, dimana melibatkan pejabat publik dan berhubungan dengan keuangan negara, namun kenyataannya praktik korupsi dapat ditemukan di manapun.

Baca Juga: Dua Suporter Meninggal, Tagar Bobotohberduka Trending di Twitter

Seperti, pada sektor publik, maupun swasta. Pelakunya pun mulai dari staf hingga direksi, pimpinan atau bahkan pemilik korporasi. Selain itu, modusnya pun bervariasi dari yang sederhana hingga kompleks.

Seperti pernah diungkapkan Rika Angelina, CPA, CA, CPI pada Konsultanku beberapa waktu lalu, berbagai contoh kecurangan yang sering terjadi dalam suatu perusahaan antara lain adalah mark-up pembelian bahan baku, penggunaan uang perusahaan untuk keperluan pribadi, penggelapan penjualan, atau membuat laporan keuangan yang tidak sesuai (manipulasi).

Korupsi merupakan salah satu bentuk fraud (kecurangan) yang dapat merugikan pihak lain, dalam hal ini biasanya adalah perusahaan.

Risiko yang timbul pun tidak hanya berupa risiko finansial tetapi juga akan kehilangan kepercayaan publik, seperti investor, konsumen, dan regulator, belum lagi rusaknya reputasi, hingga munculnya risiko hukum.

Agar terhindar dari segala risiko tersebut, diperlukan upaya pencegahan yang sungguh-sungguh.

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Solusi Atasi Internet 'lemot' yang Menghambat

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:19 WIB
X