Inilah 3 Tips Agar Anak Terhindar Dari Pergaulan Buruk, Buat Anak Merasa Nyaman!

- Rabu, 20 Juli 2022 | 20:59 WIB
Ilustrasi Anak-anak (Pixabay)
Ilustrasi Anak-anak (Pixabay)

 

 

Floreseditorial.com - Bagi seorang anak yang masih dalam proses pencarian jati diri, pergaulan memiliki pengaruh yang besar sekali dalam menentukan perilaku mereka. Gak jarang seorang anak yang tadinya berperilaku baik berubah menjadi nakal akibat pengaruh teman-temannya.

Agar anak bisa terhindar dari pergaulan buruk, berikut akan diulas beberapa tips yang dapat dilakukan para orangtua. Seperti apa? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Buat anak merasa nyaman

Sering kali anak lebih dekat dan merasa nyaman dengan teman-temannya disebabkan di rumah tidak mendapatkan perasaan nyaman itu. Kesibukan orangtua, ataupun sikap orangtua yang membuat anak jadi gak kerasan kerap jadi pemicu seorang anak jadi lebih sering di luar bersama teman-temannya dibanding di rumah bersama keluarganya.

Baca Juga: Akhirnya Biaya Persalinan Ibu Hamil Ditanggung Negara, Ini Persyaratannya

Itulah kenapa langkah penting agar anak terlindung dari pergaulan yang buruk, yakni dengan membuatnya merasa nyaman dengan keluarganya sendiri. Ini bisa dilakukan dengan meluangkan waktu bagi anak, mendengarkannya bercerita, menghargai pendapatnya, dan menghindari jadi orangtua yang otoriter.

Kalau anak sudah nyaman dengan keluarganya sendiri, ia akan lebih sering di rumah. Sebagai orangtua pun jadi lebih mudah mengawasi bagaimana pergaulannya.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Sederhana Atasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sabtu, 24 September 2022 | 13:30 WIB

Simak ini Cara Mengatasi Jerawat di Leher

Jumat, 23 September 2022 | 14:39 WIB

Menaikan Berat Badan Dengan Cepat, Begini Caranya

Rabu, 21 September 2022 | 09:25 WIB
X