Lewoleba, Floreseditorial.com– Gunung berapi Batutara di kabupaten Lembata, NTT akhirnya terpilih sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional.

Selain itu gunung Batutara juga masuk dalam kategori satu dari sepuluh obyek wisata paling unik di Indonesia.

Informasi tersebut juga dibenarkan oleh wakil bupati Lembata Thomas Ola Langodai ketika dihubungi Minggu (26/11) pagi.

Menurut Thomas,  sebenarnya ada tiga obyek wisata NTT yang mendapatkan anugerah destinasi wisata Nasional dari Kemenpar RI.

“Tiga Awards itu adalah teluk Maumere sebagai destinasi penyelam terpopuler,  Pantai Tanimbang di Sumba Timur dan gunung Batutara di Lembata, “kata Wabup Thomas dihubungi Minggu (26/11)pagi.

Oleh karena itu,  wabup Thomas menyampaikan terima kasihnya atas segala dukungan masyarakat NTT selama ini.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak, “ucap Thomas.

Gunung Batutara merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di pulau Komba di laut Flores.

Meski dikategorikan gunung Stratovolcano,  namun uniknya dalam tempo dua puluh menit gunung ini selalu meletus,  yang disertai semburan larva dari puncak kawah.

Semburan larva akan sangat menarik jika diamati di malam hari. Selain itu semburan larva juga tidak berbahaya bagi pengunjung oleh karena itu gunung Batutara dijadikan obyek wisata yang dapat diakses oleh publik.

Selain keindahan semburan larva di puncak kawah,  letusan gunung ini juga disertai tsunami kecil.

Gunung Batutara sebenarnya masuk dalam wilayah administrarif kabupaten Lembata. Jarak tempuh gunung ini dari ibukota kabupaten  Lembata hanya 90 menit menggunakan kapal cepat.

Laporan: Antonius Rahu

Editor: Antonius  Rahu

Loading...

Bijaksanalah dalam berkomentar. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. Baca Kebijakan berkomentar disini

Tinggalkan Balasan