• Jumat, 1 Juli 2022

Pesona Tarian Vera, Kearifan Lokal Budaya Rongga

- Kamis, 31 Maret 2022 | 12:53 WIB
Pesona Tarian Vera (Foto: google)
Pesona Tarian Vera (Foto: google)

 

Floreseditorial.com. Setiap daerah diwarisi begitu banyak kearifan lokal; ada pakaian adat, bentuk rumah adat dan yang tak kala menarik adalah tarian khas daerah.

Wilayah Rongga terletak di sebelah Timur Kabupaten Manggarai Timur, berbatasan lansung dengan Kabupaten Ngada, NTT.

Rongga sebagai salah satu etnis kebudayaan yang ada di Manggarai Timur, NTT menyimpan sejuta pesona budaya yang menarik perhatian dunia salah satunya Tarian Vera.

Berikut adalah beberapa makna penting yang terkandung dalam tarian Vera budaya Rongga:

1. Historisitas Orang Rongga
Dalam tarian Vera orang Rongga dapat mengenal asal usulnya. Bagi orang Rongga, pengetahuan asal usul itu penting untuk diwariskan ke setiap generasi. Salah satu cara yang ditempuh dengan menceritakan secara lisan melalui tarian Vera.

2. Semangat Kekeluargaan
Pada saat orang Rongga mengikuti acara tarian Vera, orang Rongga akan saling bertemu dan memperkenalkan diri. Itulah cara meningkatkan rasa kekeluargaan budaya Rongga. Orang Rongga menyebutnya "Mae ghewo ko tu'u/ Mae ghewo ko wae bija" yang artinya "jangan pernah melupakan sejarah dan keluarga".

3. Religiusitas Orang Rongga
Tarian Vera selain mengungkapkan sejarah orang Rongga, tarian ini juga mengungkapkan religiusitas Orang Rongga. Kepercayaan terhadap Tuhan Allah (Mori Ndewa), Embu Nusi (Roh Leluhur), Nitu Tana (Roh Alam) diungkapkan dalam tarian Vera.

Tarian Vera ini dimainkan oleh orang dewasa dengan formasi orang dewasa perempuan di depan dan orang dewasa laki-laki di barisan belakang. Dalam tarian ini dipimpin oleh seorang laki-laki dewasa yang disebut "Noa Lako".

Halaman:

Editor: FEC Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wae Rebo Raih Penghargaan CTDA 2022

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:07 WIB

Pesona Tarian Vera, Kearifan Lokal Budaya Rongga

Kamis, 31 Maret 2022 | 12:53 WIB

Pesona Rana Masak dan Kehangatannya

Selasa, 16 Februari 2021 | 11:16 WIB

Eksotika Wisata Danau Rana Mese

Jumat, 8 Januari 2021 | 13:26 WIB
X