• Jumat, 1 Juli 2022

Ketahuilah, Anda Harus Memiliki Surat Sehat saat Hendak Berwisata Ke Taman Nasional Komodo NTT

- Jumat, 29 April 2022 | 09:56 WIB
Wisata taman nasional komodo NTT
Wisata taman nasional komodo NTT


Floreseditorial.com - Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), mewajibkan semua calon wisatawan yang hendak berkunjung untuk menunjukkan surat sehat dari fasilitas kesehatan.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang, mengatakan, aturan itu diberlakukan karena dalam tiga tahun terakhir (2019-2022), frekuensi kecelakaan saat beraktivitas di dalam kawasan Taman Nasional Komodo tercatat mencapai enam kejadian.

Hal itu, lanjut dia, utamanya disebabkan oleh kelelahan dan serangan jantung saat wisatawan melakukan trekking atau snorkeling di dalam kawasan.

Tidak Cuma Komodo, Ini 7 Keindahan Pariwisata NTT
Ia menegaskan, agen atau biro perjalanan wisata bertanggungjawab dalam mengetahui kondisi kesehatan wisatawan selama berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Pendamping wisatawan juga harus menguasai teknik dan membawa peralatan standar PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat).

Memperlihatkan wisatawan melihat komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pandemi Covid-19 yang menghantam sektor pariwisata, membuat pemerintah terus melakukan penataan di kawasan Labuan Bajo dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang menurun saat ini.

"Wisatawan bertanggungjawab menyampaikan informasi riwayat penyakit kepada agen atau biro perjalanan wisatanya, khususnya riwayat penyakit jantung dan membahayakan lainnya. Wisatawan berkewajiban membuat surat Sehat di fasilitas kesehatan terdekat sebelum beraktivitas di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Surat tersebut agar ditunjukkan kepada ranger yang bertugas di dalam kawasan,".

Ia menambahkan, para wisatawan perlu tahu bahwa suhu tertinggi di wilayah ekosistem sabana di Taman Nasional Komodo dapat mencapai 55 derajat celsius.

Maka, wisatawan diimbau untuk beraktivitas hanya pada jam kunjungan yang telah ditentukan.

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Sumber: Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wae Rebo Raih Penghargaan CTDA 2022

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:07 WIB

Pesona Tarian Vera, Kearifan Lokal Budaya Rongga

Kamis, 31 Maret 2022 | 12:53 WIB

Pesona Rana Masak dan Kehangatannya

Selasa, 16 Februari 2021 | 11:16 WIB

Eksotika Wisata Danau Rana Mese

Jumat, 8 Januari 2021 | 13:26 WIB
X