• Jumat, 1 Juli 2022

Memiliki Pesona yang Indah, Ini yang Dilakukan Kemenparekraf Untuk Desa Moni Flores

- Jumat, 29 April 2022 | 11:15 WIB
Wisata desa moni
Wisata desa moni


Floreseditorial.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong agar Desa Moni, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Flores, NTT, dikembangkan menjadi kawasan desa wisata yang mandiri dan berkelanjutan.

Demikian disampaikan Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf Wawan Gunawan saat kegiatan sosialisasi pengembangan Desa Wisata di Kawasan Moni.

Menurut Wawan, ekosistem desa wisata Moni yang mandiri dan berkelanjutan. Tidak hanya secara ekonomi, tetapi sosial, budaya, dan lingkungan.

Karena itu lanjut dia, kehadiran pemerintah pusat di desa itu merupakan bentuk apresiasi dan komitmen untuk menjadikan desa wisata Moni sebagai leading sektor perekonomian.

"Ini juga bukti keberpihakan dan apresiasi kepada masyarakat, terutama masyarakat Ende dan NTT. Kami hadir untuk pendampingan terkait arahan Pak Jokowi yang menjadikan pariwisata sebagai leading sector. Artinya semua lembaga wajib mendukung,".

Saat ini pemerintah sedang mencanangkan konsep desa membangun Indonesia dan percepatan pemulihan ekonomi nasional dimulai dari desa, bukan lagi dari kota ke desa.

"Jika seluruh desa di Indonesia bergerak dengan upaya-upaya untuk pengembangan ekonomi nasional, maka itu akan menjadi luar biasa,".

Hal senada disampaikan Bupati Ende Djafar H Achmad. Ia menilai, sosialisasi tersebut bagian dari komitmen bersama untuk membangun pariwisata di Kabupaten Ende terutama di Moni.

"Ini juga momentum strategis untuk menyatukan pandangan dan tekad dari sisi penguatan desa wisata yang mana sesuai dengan isi rencana induk pengembangan wisata daerah Kabupaten Ende,".

Halaman:

Editor: Aris Yudhivan

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wae Rebo Raih Penghargaan CTDA 2022

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:07 WIB

Pesona Tarian Vera, Kearifan Lokal Budaya Rongga

Kamis, 31 Maret 2022 | 12:53 WIB

Pesona Rana Masak dan Kehangatannya

Selasa, 16 Februari 2021 | 11:16 WIB

Eksotika Wisata Danau Rana Mese

Jumat, 8 Januari 2021 | 13:26 WIB
X