1 Destinasi Wisata Unik dan Mistis yang Tersembunyi di Pulau Bali, Wajib Kamu Kunjugi

- Rabu, 28 September 2022 | 12:45 WIB
Wisata Unik dan Mistis yang Tersembunyi di Pulau Bali
Wisata Unik dan Mistis yang Tersembunyi di Pulau Bali

Floreseditorial.com- Berbagai tradisi dan budaya tentu memiliki keunikan tersendiri yang bisa membuat wisatawan lokal maupun mancanegara ingin mengenal lebih dekat tentang budaya dan tradisi yang ada.

Wisata unik yang satu ini berasal dari sebuah desa tua Bali kuno yang dikenal sebagai desa Bali Aga dan merupakan penduduk asli pulau Bali.

Bagaimana reaksi anda bila melihat jenazah manusia dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan pemakaman seperti pada umumnya. Tentu Anda akan membayangkan suatu hal aneh yang akan terjadi baik itu dari segi mistis,keadaan yang begitu seram ataupun suasana alam yang tidak sedap.

Baca Juga: 4 Destinasi Tempat Wisata di Sumba Untuk Inspirasi Liburan Idaman yang Wajib Kamu Kunjungi

Namum, keadaan tersebut tidak terjadi di Desa Trunyan, Kintamani, Bali. Masyarakat Trunayan Justru hidup aman sama seperti kehidupan masayrakat lainya. Tempat ini menjadi destinasi wisata kuburan yang memiliki latar belakang sejarah sehingga berhasil menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara, untuk lebih mengenal adat istiadat Bali lebih khususnya di Desa Trunyan Bali.

Desa Trunyan menawarkan keindahan alam yang mempesona, serta budaya dan istiadat yang eksotik seperti dilansir kilat.com (27/9). Desa ini juga dikenal memiliki tradisi pemakaman jenazah yang unik dibandingkan desa-desa di Pulau Bali lainnya. Di Trunyan, jenazah biasanya hanya diletakkan begitu saja di area pemakaman tanpa dikuburkan.

 

Diketahui, area pemakaman ini terbagi kedalam tiga tempat pemakaman yang terpisah yakni Seme Wajah yang diperuntukan bagi mereka yang meninggal secara wajar, lalu Seme Bantah untuk mereka yang meninggal tidak wajar atau akibat kecelakaan, dan Seme Muda untuk bayi, anak kecil, serta yang belum menikah.

Baca Juga: 2 Destinasi Wisata Super Kece Maumere! Bikin Inspirasi Perjalanan Kamu Berkesan Seumur Hidup

Sebelum dimakamkan, terlebih dahulu dilakukan prosesi pembersihan jenazah dengan air hujan dan membungkusnya dengan kain, tetapi bagian kepala tidak tertutup. Setelah itu jenazah akan dibaringkan dalam sangkar bambu untuk menghindari hewan buas.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Terkini

X