Mengenal Fakta Danau Teratai Raksasa Dunia yang Terletak di Manggarai Timur NTT

- Senin, 21 November 2022 | 16:33 WIB
Danau Teratai Terbesar Kedua di Dunia yang Ada di Manggarai Timur NTT
Danau Teratai Terbesar Kedua di Dunia yang Ada di Manggarai Timur NTT

  Floreseditorial.com- Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beragam objek wisata yang menarik dan unik yang belum diketahui banyak orang.

Salah satunya adalah tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Manggarai Timur, NTT adalah Pota. Lokasi ini merupakan salah satu unggulan Flores.

Pasalnya, di lokasi tersebut terdapat berbagai macam daya tarik wisata, mulai dari keberadaan Spesies Kadal Purba “Varanus Komodoensis” di Pota hingga danau teratai terbesar di dunia.

Baca Juga: 3 Zodiak Paling Pandai Mengelola Keuangan, Dijamin Bakal Tajir Melintir Dalam Waktu Dekat!

Danau lotus di kawasan tersebut dinamakan Danau Rana Tonjong. Lokasi persis danau berada di Desa Nanga Mbaling, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Dalam dialek setempat, rana berarti danau dan tonjong adalah lotus atau teratai. Danau Rana Tonjong atau Danau Lotus/Teratai (Victoria Amazonica) merupakan danau yang permukaanya ditutupi tumbuhan teratai.

Teratai di danau tersebut tidak seperti teratai pada umumnya yang hidup menjalar di atas permukaan air. Pohon teratai Danau Rana Tonjong tumbuh tegak seperti talas dengan tinggi batang mencapai tiga meter, lebar daun mencapai 45 cm, dan lebar bunga mencapai 25 cm.

Karena keunikannya, Danau Rana Tonjong dinobatkan sebagai danau teratai terbesar kedua di dunia setelah danau serupa di India.

Baca Juga: Daftar 5 Weton yang Rezekinya Mencapai Puncak Kejayaan di Tahun 2023 Mendatang, Kamu Termasuk?

Warga kampung sekitar danau, Faridin menjelaskan, bunga teratai di Danau Rana Tonjong mekar pada april hingga januari setiap tahun.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X