Puncak Floratama Academy 2022, BPOLBF Pertemukan UMKM dengan Investor

- Selasa, 22 November 2022 | 10:59 WIB
Puncak Floratama Academy 2022, BPOLBF Pertemukan UMKM dengan Investor (Istimewa)
Puncak Floratama Academy 2022, BPOLBF Pertemukan UMKM dengan Investor (Istimewa)

Labuan Bajo, Floreseditorial.com - Upaya Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) untuk mendukung pengembangan pariwisata Labuan Bajo - Flores, terus dilaksanakan. 

Salah satunya dengan terus meningkatkan kapasitas SDM lokal melalui pengembangan UMKM dalam kesatuan ekosistem Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Floratama Creative Hub di wilayah koordinatif BPOLBF di Flores, Alor, Lembata, dan Bima (Floratama).

Program unggulan Floratama Academy (FA) yang pada tahun 2022 ini telah masuk tahun kedua dan berlangsung selama lima bulan terakhir, berupa pendampingan dan inkubasi UMKM bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf). Floratama Academy 2022 melibatkan 718 pendaftar dengan 2.129 peserta di Indonesia yang turut ambil bagian dalam sejumlah rangkaian kegiatan yang diselenggarakan BPOLBF.

Baca Juga: 2 Shio Paling Karakteristik di Tahun 2023 Mendatang, Cek Peruntungan Shio Kamu!

Bertempat di Hotel Puri Sari Beach Labuan Bajo, rangkaian puncak Program Pendampingan dan Inkubasi peserta UMKM Parekraf Floratama Academy berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 21 - 22 November 2022.

Rangkaian kegiatan yang menyisakan 15 peserta terpilih dari kategori kriya, kuliner, agrowisata, homestay, fesyen, dan seni pertunjukan yang berasal dari wilayah Floratama ini diisi dengan beberapa kegiatan berupa Penajaman Materi Keuangan dan Mempelajari Akses Pendanaan yang diharapkan dapat makin mematangkan kemampuan peserta UMKM dalam menyusun materi bisnis secara tepat dan sesuai. Selain itu peserta juga mendapatkan mentoring dari mentor lokal terkait pengembangan ilmu bisnis dan sekaligus menimba pengalaman dari berbagai Alumni Floratama Academy di tahun sebelumnya.

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina mengungkapkan, perkembangan pariwisata Labuan Bajo sebagai 1 dari 5 Destinasi Pariwista Super Prioritas (DPSP) telah membuka begitu banyak peluang usaha yang harus bisa ditangkap oleh masyarakat dan UMKM lokal yang bergerak di sektor industri parekraf.

Baca Juga: Kurang Beruntung! 3 Ramalan Shio Karier Hancur dan Utang Menumpuk di Tahun 2023 Mendatang

"Wilayah Floratama terus membutuhkan inovasi-inovasi baru yang dapat memberi produk-produk baru, menciptakan lapangan pekerjaan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor parekraf. Dengan terus meningkatkan kualitas SDM melalui berbagai bentuk pelatihan, pendampingan, peningkatan inovasi produk, serta kemampuan manajemen bisnis dan keuangan yang baik, kami harapkan bisa membentuk ekosistem yang mampu menyejahterakan masyarakat secara berkelanjutan", jelas Shana.

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X