Pastikan Ketersediaan SDM Tersertifikasi, Kemenparekraf Kembali Gelar BTF di Labuan Bajo

- Minggu, 27 November 2022 | 17:44 WIB
Pastikan Ketersediaan SDM Tersertifikasi, Kemenparekraf Kembali Gelar BTF di Labuan Bajo (Istimewa)
Pastikan Ketersediaan SDM Tersertifikasi, Kemenparekraf Kembali Gelar BTF di Labuan Bajo (Istimewa)

Labuan Bajo, Floreseditorial.com - Sejak ditetapkan sebagai sektor unggulan bangsa oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 lalu, peran pariwisata sebagai salah satu sektor strategis dan berkontribusi penting dalam memberikan manfaat pembangunan yang luas dan berkelanjutan bagi masyarakat sangatlah penting.

Karenanya, pariwisata dicita-citakan dapat menjadi motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat baik di tingkat lokal maupun nasional.

Mengusung tema 'Peningkatan Kapasitas SDM Pariwisata dalam Mendukung Program Pembangunan Pariwisata Terintegrasi dan Berkelanjutan (P3TB)', Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melalui Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata, kembali menggelar 'Biannual Tourism Forum' yang mengulas tentang  penyelenggaraan sertifikasi tenaga kerja pariwisata di destinasi pariwisata Labuan Bajo, di Hotel La Prima, Labuan Bajo selama 3 hari, 24 - 26 November 2022.

Baca Juga: 2 Shio Ini Akan Diterjang Rezeki dan Mandi Uang di Tahun 2023!

"Sebagai sebuah industri yang memiliki aktivitas bisnis di dalamnya, pariwisata sangat bergantung pada keberadaan manusia, sehingga kesiapan sumber daya manusia berperan sebagai motor penggerak utama kelangsungan industri pariwisata. Dengan begitu kompetensi dan kualitas para pelaku pariwisatanya juga perlu terus ditingkatkan", demikian disampaikan Titik Lestari, Direktur Standardisasi Kompetensi Kemenparekraf saat membuka forum.

Titi juga menjelaskan, saat ini ada pergeseran tren pola perilaku wisatawan yang mengarah pada quality Tourism/pariwisata berkualitas dimana tuntutan wisatawan untuk mendapatkan
experience saat berwisata juga makin tinggi dan ini sangat terkait dengan kesiapan SDM di bidang kepariwisataan. Dengan begitu, kebutuhan SDM tersertifikasi di bidang kepariwisataan saat ini menjadi salah satu kunci penting, khususnya bagi Labuan Bajo yang saat ini menjadi salah satu destinasi yang paling dituju di Indonesia.

Baca Juga: 3 Shio Ini Super Beruntung, Dibanjiri Rezeki dan Sangat Dihormati di Tahun Kelinci Air 2023

"Melihat perkembangan pariwisata Labuan Bajo saat ini, sertifikasi menjadi salah satu syarat wajib bagi para tenaga kerja sektor pariwisata, sehingga dapat menjadi jaminan keamanan dan sekaligus sebagai wujud pemenuhan standar kualitas pelayanan bagi wisatawan, karena ada jaminan kompetensi dari para pelaku pariwisata", tegas Titi.

Setidaknya ada empat bidang pariwisata yang menjadi fokus pembahasan uji kompetensi dalam rangka menjamin ketersediaan tenaga kerja terampil di sektor pariwisata pada Biannual Tourism Forum tahun ini, yaitu sertifikasi SDM bidang Biro Perjalanan Pariwisata, Bidang Kepemanduan, Bidang Hotel dan Restoran, dan Bidang SPA.

Halaman:

Editor: Andy Paju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X