Wisata

Minggu, 4 Agustus 2019 - 12:20 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Kawasan Puncak Wolo Bobo (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

Kawasan Puncak Wolo Bobo (Foto: TeamYPF/Andre Kornasen)

Wolo Bobo, Kawasan Wajib Senyum di Puncak Ngada

Keindahan alam di Pulau Flores memang tidak ada habisnya. Sebuah bukit indah bernama Bukit Wolo Bobo Kabupaten Ngada kini mulai menarik perhatian para wisatawan. Karena pemandangan indahnya, banyak yang menyebut bukit ini sebagai Negeri di Atas Awan di kabupaten Ngada.

Saat tiba di lokasi ini, anda akan di sambut sebuah papan informasi bertuliskan kawasan wajib senyum dan hamparan perkebunan kopi milik warga dibalut kabut yang sesekali datang menyelimuti kawasan itu.

Salah seorang pengunjung sedang berpose di pintu masuk kawasan puncak Wolo Bobo

Dari lokasi Bukit Wolo Bobo Kabupaten Ngada, para pengunjung pun bisa secara langsung menyaksikan pemandangan alam hijau yang dimiliki Pulau Flores. Berada di ketinggian, membuat tempat ini memang menyajikan pemandangan yang sungguh menyejukkan mata.

Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan indah di tempat ini kapan saja. Pada pagi hari, pemandangan yang disuguhkan adalah hamparan pemandangan hijau yang berhiaskan pemandangan matahari terbit di samping Gunung Inerie dan Batu Jaramasih, Sementara itu pada malam hari, pengunjung bisa menyaksikan gemerlap Kota Bajawa dari ketinggian bukit ini.

Pandangan gunung Inerie yang terlihat sangat jelas dari kawasan Puncak Wolo Bobo

Selain menyimpan pemandangan yang indah, ada cerita menarik mengenai keberadaan tempat yang berada di desa Ture Kisa ini. Dulunya, tempat ini merupakan sebuah bukit biasa dan jauh dari kesan sebuah tempat wisata. Namun, hal itu berubah karena adanya campur tangan pemerintah daerah kabupaten Ngada.

Jika momen sunset selalu dinanti karena keindahannya, begitu pula dengan momen sunrise atau ketika matahari terbit. Sayangnya, orang-orang yang terbangun pada saat sunrise tak sebanyak saat mereka menyaksikan sunset. Sehingga jika Anda memiliki foto sunrise yang indah, sudah barang tentu ini menjadi sesuatu yang spesial. Apalagi jika sunrise yang Anda abadikan didukung dengan panorama alam yang indah barlatarkan gunung Inerie di puncak Wolobobo.

Pemandangan Gunung Inerie dan bukit Batu Jaramasih

Selain warna langit yang perlahan memerah, kabut juga menjadi penghias yang manis di kala sang mentari pagi muncul di ufuk timur. Keindahan seperti ini bisa disaksikan di Bukit Wolobobo di kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Kita tidak perlu kwatir dengan akses jalan menuju ke puncak. Usaha mencapai puncak memberikan kita opsi; apakah kita mau memacu kendaraan roda dua atau empat sampai ke puncak? atau juga dengan berjalan kaki mendaki santai jalur treckking ringan menuju puncak idaman? Itulah pilihan kita. Intinya, akses jalannya sudah beraspal dan ditata sampai ke puncaknya. Maka kita tidaklah perlu kwatir.

Kawasan puncak Wolo Bobo

Puncak Wolobobo kini terus memikat sejuta insan untuk datang dan menapaki  kelokan bukit-biukit kecil yang diapiti dua gunung tinggi menjulang; di kiri ada gunung Ebulobo sebagai ikon Kabupaten Nagekeo dan di bagian kanan terdapat gunung Inerie dengan bentangan pesisir di pantai Aimere. Selain itu juga, kita dapat mengarah pandangan ke seluruh penjuru, maka tampaklah juga ke arah utara terlihat Kota kabut Bajawa dan dataran Turekisa, ke selatan terlihat Jerebu’u, ke bagian barat tampak pesona gunung Inerie, serta ke arah Timur tampaklah Mangulewa dan hamparan dataran subur nan hijau Mataloko.

Beberapa lokasi foto yang sangat insragramable juga tersedia di kawasan puncak Wolo Bobo

Mungkin anda memang sudah sering melihat foto-foto yang dipos di media sosial tentang pemandangan dari puncak Bukit Wolobobo. Tapi melihatnya sendiri memang beda rasanya. Rasanya sedang berada di negeri di atas awan, rasanya awan-awan itu begitu dekat dan merayu kita untuk menyentuhnya, ditambah pemandangan Gunung Inerie yang langsung di depan mata tanpa penghalang apapun. Indah, megah, mempesona.

Tunggu apalagi, jadwalkan liburan anda menuju puncak Wolo Bobo, kabupaten Ngada. Jangan khawatir, tiba di kabupaten ini, ada banyak pilihan untuk anda berisitirahat, mulai dari hotel yang cuma Rp. 175 ribu semalam hingga yang harganya Rp 600 ribu semalam cukup banyak di kota Bajawa.

Salah satu tempat berwisata kuliner di kota Bajawa, kabupaten Ngada

Soal kuliner apa lagi, banyak pilihan tempat berwisata kuliner yang bisa anda temukan di pusat ibu kota kabupaten Ngada itu yang tidak harus membuat anda merogoh kocek dalam-dalam.

Laporan: Andre Kornasen

12

Artikel ini telah dibaca 471 kali

Vidio Populer
Baca Lainnya
x